RSS

NUSA KAMBANGAN, CILACAP

Perjalanan ke 2 setelah dari Batu Raden, aku bersama teman aq, Dave, ke rumahnya di Cilacap. perjalanan kami memakan waktu 2 jam dengan motor, rumah temen aq sekitar 1 km dari pantai teluk penyu.
Teluk Penyu terletak di Kecamatan Cilacap Selatan dengan jarak 2 km ke arah timur dari pusat kota Kabupaten Cilacap. Salah satu obyek wisata andalan kabupaten Cilacap adalah Pantai Teluk Penyu yang berada di Selatan kota Cilacap. Kurang lebih 5 km dari Terminal Bus Cilacap. Pada hari Sabtu, Minggu dan juga saat musim liburan tiba, pantai ini cukup ramai dikunjungi wisatawan, baik yang berasal dari Cilacap sendiri dan juga wisatawan dari luar daerah Cilacap.
Kawasan pantai yang membujur dari utara (Pelabuhan Perikanan Samudra Cilacap), ke selatan (Pulau Nusakambangan) dengan panorama gelombang laut yang cukup besar, kapal-kapal tanker yang keluar masuk Pelabuhan Tanjung Intan dan perahu-perahu nelayan tradisional yang berlalu lalang di sepanjang pantai Teluk Penyu serta tegarnya Kilang Pertamina dan Pulau Nusakambangan menambah indahnya suasana pantai.



 Langit pantai pada saat itu diwarnai dengan kepulan asap tebal, sebab pada pukukl 5 pagi ada ledakan di kilang minyak pertamina, tidak jauh dari pantai.
Kami menyewa kapal/prahu motor nelayan setempat dengan tarif 12.500/0rang untuk bolak-balik

 tampak pulau nusa kambangan dari kejauhan

tampak kepulan asap kebakaran kilang pertamina

15 menit kapal sampai di pesisir nusa kambangan
Untuk memasuki wilayah ini dikenakan tiket masuk 3500/orang. Kami pun menyusuri jalan menuju pantai pasir putih yang belom banyak didatangi wisatawan. Sepanjang menuju pantai kami menemukan benteng pendem. Benteng Pendem  terletak di pulau Nusakambangan timur, Pulau ini terletak disebelah selatan dan berdampingan dengan kota Cilacap dengan luas pulau 210 km2 (panjang kurang lebih 36 km dan lebar kurang lebih 4-6 km).






Ketika Anda memasuki lorong-lorong benteng pendem dan terowongan (benteng) tiga tingkat ini Anda akan menemui pemandangan yang sungguh eksotis. Di dalam lorong dan ruangan-ruangan benteng ini sangat gelap, maka Anda dianjurkan untuk membawa senter.






  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 comments:

Unknown said...

keren

Post a Comment