RSS

WISATA BANDUNG...season 2

kali ini kunjungan ke bandung yang ke 3 kalinya. selain ada urusan kerja...jalan-jalan pasti. dengan kereta mutiara selatan yang menempuh waktu 14 jam, jam 7 pagi, jumat, sampailah kereta di stasiun kiara condong. rencana hari ini ke kawah putih ciwidey yang sempet tertunda bulan lalu karena kendala keuangan/mesin atm error. dengan berbekal informasi dari internet, aku berangkat menuju terminal bus leuwi panjang untuk mencari angkutan menuju ciwidey. setelah bertanya kepada petugas terminal, akhirnya saya mendapati bus kecil menuju kawah putih ciwidey. perjalanan selama 1,5 jam dengan taris 6 ribu akhirnya bus sampai di terminal ciwidey.

setealh turun dari bus, aku bertanya kepada petugas terminal naek apa menuju kawah putih ciwidey, akhirnya petugas mengarahkan aku untuk naek angkutan warna kuning yang ditunjukan petugas. akhirnya aku menuruti saja, tapi kok cuma aku ya yang naek, gak ada penumpang laen, ya sudahlah..aku tunggu...lama menunggu..dan menunggu...penumpang juga blom ada satupun yang naek...udah 1 jam lebih....ya Alloh...hampir putus asa aku...sopirnya bilang..klo aa/panggilan mas orang sunda...gak sabar menunggu penumpang laen..aa bisa carter dengan harga 150 ribu....wewww....mahal banget....padahal ongkos angkot cuma 7 ribu. akhirnya ada bus masuk terminal ciwidey ( ini bus yang ke 4 yang kami tunggu) smoga ada penumpang yang mau ke kawah putih...dan ternyata kesabaranku membuahkan hasil..ada 2 orang cowok cewek mau ke kawah putih...sejak ada tu penumpang...dalam sekejab angkot langsung penuh....alhamdulillah...
jalanan menuju kawah putih menanjak.berliku...kiri kanan sepanjang perjalanan terdapat perkebunan strawbery dan beberapa aku jumpai kebun teh juga..tapi paling banyak beberapa tempat menawarkan wisata petik kebun strawbery...hawa mulai dingin...hujan rintik-rintik...akhirnya setelah 1 jam sampai juga di depan pintu gerbang kawah putih...kami liat penumpang sudah sepi..cm tinggal kami ber 3...sang sopir menawarkan jasa kepada kami...mau carter angkot sampai ke kawah putih per orang 70 ribu...harusnya setelah sampai di gerbang kawah putih kita naek ontang-anting(sejenis kendaraan pick up terbuka/tapi ada penutupnya)...ongkos ontang -anting per orang 10 ribu..tapi harus menunggu samapi penuh..kami berpikir..klo sampai penuh bisa lama lagi harus menunggu..ya sudahlah..aku menuruti saja kemauan sopir...setelah melewati loket tiket/per orang membayar 15 ribu untuk week day..weekend 16 ribu...jalanan menuju kawah putih menanjak...sempit..jadi klo berpapasan dengan kendaraan lain harus berhenti dan menepi...setelah 20 menit sampailah kita di kawah putih...hujan..kami buka payung...kemana-kemana kami ber 3..ternyata mereka dari jakarta...juga baru pertama kali ke sini...kami gantian berfoto...tanpa sungkan-sungkan lagi...lumayan..ada temen ngobrol... setidaknya ada orang yang mau memfotokan...biar gak repot2 minta tolong orang lain..xixixixi....


kawah putih ciwidey

selama di kawah putih..langit mendung...udara sekitar berkabut...menyulitkan kami untuk berfoto..setelah sabar menunggu...kabut naek...cerah...bisa berfoto deh...asyek...

hari ke 2
gunung tangkuban perahu dari kejauhan

setelah menyusun itinerary dengan cepat..karena gak ada rencana mau kemana..jadi aq putuskan untuk pergi ke gunung tangkuban perahu..semula aku mengira tangkuban perahu ada di sukabumi..ternyata di bandung utara. setelah searchung internet langsung aku putuskan pergi ke tangkuban perahu naek angkot, karena temenku lagi sibuk, jadi gak bisa nganter. setelah bertanya ke temen aq naek angkot apa aja biar sampe ke tangkuban perahu. pagi jam 8 aq brangkat dari kos temen aku dia tapani. pertama aku naek angkot dari antapani menuju terminal ledeng 4000. dari terminal ledeng aku naek elf jurusan subang, dengan tarif 12 ribu. aku turun di pintu gerbang tangkuban perahu. karena banyak yang ke tangkuban peragu tapi rombongan naek bus pariwisata atau mobil pribadi, aku ditawari oleh orang sana agar nyarter angkot sampe ke atas, karena jaraknya 4 km, jalanan menanjak, setelah tawar menawar maka aku naek dengan tarif 50 ribu, include tiket masuk 13 ribu. lama perjalanan sekitar 20 menit, akhirnya samapai juga di kawah ratu gunung tangkuban perahu. di sana sudah ramai sekali ternyata, kabut tebal menyusahkan pandangan mata, apalagi angin bertiup sangat kencang sekalim susah melihat kawah dengan jelas, tapi beberapa lama kemudia nampak juga kawah ratu.


kawah ratu

setelah puas 2 jam di sana. aku putuskan untuk balik, naek elf menuju lembang dengan tarif 30 ribu, dari lembang aku naek angkot lagi ke stasiun , karna aku akan balik ke surabaya , tapi setelah aku pikir-pikir masih cukup waktu sebelum pukul 17.00, maka aku putuskan mampir di cihampelas walk. dulu 3 tahun lalu aq pernah singgah di ciwalk, cuma waktu itu masih under construction, sekarang jadi bagus sekalim ada skywalk nya, seras di luar negri aja,


cihampelas walk

sebenernya masih ada 2 lagi tempat yang pengen aku kunjungi, yaitu curug malela, dan observatorium boscha.
curug malela

 observatorium boscha

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

4 comments:

potrehkoneng said...

wah..kapan bisa ke bandung for the second time ya?

hari_arch said...

mbak shopie : dieng...dieng...wkwkwkwk

Bang Yoes said...

nice photo collection....If I see this, it make me feel new sprit to set new journey :) Salam kenal

Najla Alliya said...

mantap
leporello-opera-share.blogspot.com ~ cynlib.blogspot.com

Post a Comment