RSS

Persiapan (negri tirai bambu part 1)

Persiapan (negri tirai bambu part 1)
Ini adalah perjalanan jauh pertamaku, sendirian pula tanpa seorang temanpun. Tapi semua rencana udah matang, mulai dari persiapan informasi tentang beijing, visa, tiket pesawat,dan penginapan. 3 bulan sebelumnya, tepatnya awal bulan desember 2012 secara  gak sengaja buka airasia.com yang tenyata lagi promo ke beijing. Tau ke beijing harus pake visa, langsung deh browsing konjen china di surabaya, trus telpon untuk memastikan bahwa syarat visa gampang. Dan hari itu juga aq booking tiket langsung surabaya-beijing, untungnya punya tabungan cimb niaga, gampang buat booking airasia tanpa biaya booking plus ada chash back 10% , karna cimb niaga bekerja sama dengan airasia  dan ke 2 perusahaan ini kan berasl dari malaysia .
Keesokan harinya mulai deh browsing persyaratan pembuatan visa china . Setelah browsing sana sini kok mengharuskan bukti booking tiket pp dan penginapan, langsung deh buka air asia lagi, sapa tau promonya masih ada. Aku harus 2x booking, untuk penerbangan beijing-kualalumpur dan kualalumpur-surabaya, waktu itu aq cicil dulu yang KL-sby, lumayan dapet 200 ribu. Baru deh booking beijing-KL. Setelah aq pertimbangkan kira2 berapa lama kunjungan di beijing. Tapi sayangnya untuk booking kali ini hanya tersedia pembayaran MYR, gak da rupiah, jadi gak bisa pake tabungan seperti kmren, terpaksa deh pake cartu credit dengan biaya sekali booking kena 7 MYR dan itupun belum kena biaya perbedaan kurs rupiah.
Setelah proses booking tiket pp selesai, ini saatnya booking penginapan, berbekal panduan blog yang aq buat sebelumnya, hostel.com menjadi tujuanku, search  forbiddencityhostel, dan ternyata tersedia kamar untuk 1 orang, 2 orang ataupun yang dormitory sekmar 6 orang. Dan untuk pilihan termurah jatuh sekamar share 6 orang, permalem 80 ribu, pesen buat 3 malem, lagi-lagi pake credit card, Cuma  bayar 10% saja plus biaya 2 usd untuk biaya booking online, sisanya dibayarkan ketika kita check in disana.
Tiket check...penginapan check...1 lagi yang harus dibooking online, yaitu one day tour ke great wall, kenapa memilih tour, bukan jalan sendiri, menurut temenku jatuhnya lebih murah pake tour n gak ribet karna jaraknya dari beijing lumayan jauh, 2 jam perjalanan. OK deh setelah browsing ke beberapa alamat website, akhirnya aq booking dengan biaya 22 usd. Kalo yang ini bayarnya ketika nanti dijemput travel di penginapan.
Ok. Semwa beres. Tinggal browsing beberapa tempat wisata di beijing, gimana pergi kesananya, jam bukanya, dan harga tiketnya.
Dan sekarang saatnya proses yang paling mendebarkan, sampe maag aq kambuh karna stres mikirin ini, yaitu visa. Meski syarat udah lengkap, namun 1 hal yang buat aq ragu, karna beberapa informasi internet yang aq dapet mengharuskan adanya deposit 20.000 usd. Namun setelah aq dateng ke pihak konjen china yang ada di mayjen sungkono, aq jadi sedikit yakin, karna mreka gak butuh rek tabungan, bahkan gak perlu tiket pp dan booking hotel, cuma mengisi form 4 lembar yang disediakan, namun aq udah download dahulu form itu dari internet, jadi kesana tinggal kumpulin, namun ternyata pihak konjen china menolak pengajuan visaku, dengan alasan masih terlalu lama jadwal keberangkatannya, yaitu maret, aq waktu itu pengajuan awal januari, mas petugasnya bilang, nanti aja pertengahan februari kesini lagi mas, takutnya visanya ditolak karena kelamaan, akhirnya aq pulang lemes...menahan kecewa. Padahal maksud aq tu biar klo visa ter approve..aq bisa tenang mikirin yang laen, nyiapin baju musim dingin, cari temen lokal disana lewat couchsurfing, dll. Sebenernya aq udah dapet temen host dari CS, kebetulan dia di beijing, kerja disana.
1 bulan kemudian...
Udah pertengahan februari, saatnya kembali ke konjen china. Karna berkas udah lengkap sebelumnya, paling cuma taruh doang..pulang...pikirku, ternyata mbak petugas bilang...maaf mas fotonya harus update 3 bulan trakir...dan backgroundnya harus putih. Trus aq jawab...tapi itu kan udah putih mbak...tetep aja aq ngeyel kan males harus balik lagi besok..padahal jelas-jelas aq salah..kan dibilangnya foto 3 bulan trakir...bukan foto 3 tahun lalu pas aq wisuda...hadeh.. Mbak nya bilang...itu lho mas depan ruko da studio foto paling 1 jam jadi...ya ya pikirku sambil menggerutu kecewa...
Dan setelah pengajuan visa dimasukkan penderitaan blom berakhir menunggu seminggu itu sesuatu banget, sampe males makan, maag kambuh n susah tidur, kecemasan yang berlebihan takut visa tidak diterima, maka impianku ke bijing bakal gagal...dan yang pasti rugi uang karna aq tlah booking pesawat pp yang nominalnya tidak sedikit. Sampe trucap klo visaku diterima maka aku bernadzar puasa 3 hari.
Dan hari pengambilan visapun tlah tiba. Dan ketika di loket dengan jantung deg.dengan sambil mulut komat kamit.dan akhirnya....visa diterima.alhamdulillah...besoknya langsung melaksanakan nadzar

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment