RSS

Eksplore blitar : makam bung karno, candi penataran, pantai tambak rejo, pantai gondomayit.

Setelah kami bermalem di kota blitar, setelah sebelumnya explore tulungagung. Kami mencari penginapan deket makam bung karno. Malemnya kami jalan2 di alun2 dan jalan sepanjang jalan makam bung karno, maklum malem minggu rame, kebetulan ada pawai besoknya.
Pagi jam 8 setelah sarapan kita menuju makam bung karno. Pagi itu ramai sekali peziarah yang datang. Komplek makam bung karno ini sudah direnovasi, dengan beberapa bangunan modern yang berfungsi sebagai perpustakaan, museum, ampiteater dan bangunan pendukung lainnya. Setelah itu baru menuju gapura makam bung karno.

Jam 08.30 kami balik, menuju pantai tambak rejo. Berjarak sekitar 1,5 jam dari kota blitar. Jalan menuju pantai sudah bagus. Namun langit mendung, dan mendekati pantai hujan turun. Kami sempet berteduh sebentar, sebelum melanjutkan 3 km lagi menuju pantai. Setelah parkir di pantai tambak rejo kami bertanya akses menuju pantai pasetran gondomayit. Namun beberapa langkah berjalan hujan turun lagi, kamipun berteduh.

Pantai tambak rejo ini ramai sekali, banyak perahu nelayan bersandar, warung makan. Berbeda sekali denagn pantai pasetran gondomayit yang sepi yang akan kami kunjungi berada dibalik bukit. Kami harus menyeberangi sungai yang bermuara ke pantai tambak rejo, lalu traking sekitar 15 menit naik bukit. Dari atas kelihatan sudah hamparan pasir putih pantai pasetran gondomayit. Sebenarnya selain naik bukit lokasi ini bisa ditempuh naek motor, Cuma akses jauh dan jalan Cuma tanah. Langit memang mendung, pas kmi balik langit mulai biru. Setelah puas main air n berfoto kami balik ke pantai tambak rejo.

Jam 11.45 kami memutuskan balik ke kota blitar, menuju candi penataran..1,5 jam kemudian kami sampai di candi penataran. Dengan parkir 3 ribu tanpa tiket masuk. Komplek candi ini berada di desa penataran. Trakir kali kesini dulu pas jaman SMA. Abis dari sini kami langsung balik.