RSS

pulau sebuku kecil

pulau rakata

anak gunung krakatau

Jam 3.30 pagi kita sampek dipelabuhan. Ngumpul truz menuju pelabuhan canti dengan carter angkot. Perjalanan sekitar 1 jam an dari pelabuhan merak ke pelabuhan canti. Di pelabuhan canti ini kita akan meneruskan penyeberangan naek perahu menuju beberapa pulau. Sebelumnya kita bersih2 diri, ganti baju, sarapan. Jam 6.30 kapal siap mengantar kita memulai explore krakatau. Perkapal isi 35-40 orang.
Pulau pertama yang kita tuju adalah pulau sebuku kecil, dari sini kita akan mengambil alat snorkel untuk kita pakai selama 2 hari. Perjalanan ditempuh 1.5 jam. Pantai pasir disini putih bersih Lautnya biru kehijauan.
pantai sebuku kecil

pulau sebesi

snorkling di sebuku besar

Tapi sayang tak berapa lama langit gelap mulai gerimis. Perjalanan diteruskan menuju pulau sebuku besar, kita snorkling disana, baru jam 11.00 kita menuju pulau sebesi, bawa barang pakaian kita. Kita akan menginap disini. Tempatnya sih enak, ada beberapa rumah, satu rumah plong ruang besar isi 16 bed cewek cowok jadi 1, ada 2 kamar mandi. Abis tu kita makan bersama dengan lauk ikan laut, hem..sungguh nikmat makan pas lagi laper, trus berame rame pula. Dari sini kita bisa istirahat leyeh2 nikmatin semilir udara sejuk pantai, memandang laut biru yang luas. Dan yang paling emejing adalah sinyal internet di pulau ini hsdpa, makasih telkomsel.
Kita diberi waktu istirahat sampe jam 4 sore, baru setelah itu kita naek kapal lagi untuk snorkling, dan melihat sunset di pulau umang2.

pualu sebesi

pulau umang2

sunset di umang2

Malam di pulau ini sungguh tenang, apalagi malam itu lagi bulan purnama. Duduk dipinggir pantai mendengar deburan ombak kecil hangatnya sinar rembulan, hmm romantis banget bagi yang bawa pasangan, hiks...listrik disini baru nyala jam 6 sore sampe jam 6 pagi, ya mungkin pake genset kali ya. Dan moment paling menyedihkan adalah ketika seruangan ber 16 orang tapi cuma ada 1 colokan listrik, rasanya gimana gitu, untungnya aq balik ke penginapan yang pertama, jadi tinggal pasang colokan t pasang deh ke hp ataw power bank. Trus mandi, trus makan malam di depan. Abis tu kita tidur. Rencana jam 3 pagi nanti kita harus udah berangkat ke gunung krakatau, perjalanan sekitar 1,5 jam dari sini. Dan ternyata selama kita tidur gerimis, waduh mana handuk n bajuku jemur di luar, dan setelah itu hujan deras sampe setengah 4. Acarapun molor sejam nunggu hujan agak reda. Abis tu kita menuju kapal masih gerimis sih. Duduk2 dingin n ngantuk meninggal kan pulau sebesi untuk menuju pulau anak krakatau.

sunrise

guung krakatau

Jam 5 pagi kita disuguhkan pemandangan matahari terbit, perubahan warna yang menakjubkan, mulai dari gelap, semburat warna merah jingga, kuning, ungu, beberapa ditutupi awan gelap, dan munculah matahari dari horizon. Setelah 1.5 jam berlayar akhirnya kapal berlabuh di pulau anak krakatau.Saat bersandar kapal kami kesusahan karna ombak dirasa cukup kuat, sampek tali tambang aja putus buat menambatkan kapal, akhirnya kita harus basah deh celana sepaha agak jauh dari pantai turunnya itupun kesusahan turun tangga sampek miring2. Dari sini kita akan naek ke atas gunung krakatau, ada 2 track yang bisa kita lalui, track cepat setengah jam tapi mendaki agak miring, atau track satu setengah jam dengan jalan landai tapi memutari gunung. Kita pun memilih track tercepat . Anak gunung krakatau ini dulunya berupa gunung yang besar, karena letusan besar akhirnya terpisah menjadi 3 pulau, menjadi tinggal sepertiganya.

Vegetasi ditumbuhi pohon pinus sementara yang atas pasir hitam dan berbatu tandus, sampek sekarangpun anak gunung krakatau ini masih aktif, terlihat kepulan asap dari kejauhan, dan tidak disarankan mendekati puncak, karna bau belerang beracun. Dari atas kami bisa melihat sekeliling pulau ini ada pulau rakata yang cantik membentuk kerucut seperti gunung. Dulunya pulau ini bersatu dan tenggelam oleh air laut gara2 letusan. Setelah hampir setengah jam kita berada di atas kita pun turun,trus sarapan serta persiapan untuk snorkling berikutnya dipulau lagoon cabe. Dari pulau krakatau kita berlayar sekitar setengah jam menuju pulau lagoon cabe.

snorkling di lagoon cabe

Disinilah spot snorkling kita yang terakhir sbelum nanti jam 3 kita balik ke lampung. Spot snorkling disini paling bagus dari spot spot sebelumnya karna visibilitas airnya bagus, cuaca cerah jadinya bening banget bahkan dapat dilihat dari atas kapal beberapa ikan berenang kesana kemari. Tanpa menunggu waktu pun aku langsung nyebur, dipuas puasin deh maen air. Setelah setengah jam kitapun naik dan balik ke penginapan, makan siang, mandi, packing trus balik ke lampung trus ke bakauheni, dan pulang ke rumah masing2
dermaga pulau sebesi

sunset di pelabuhan bakauheni lampung