RSS

Tanjung bira

tanjung bira

Pagi abis balik dari nganterin rombongan yang balik ke jakarta di bandara, kami bersih bersih mandi di pom bensin, lanjut dijemput ama mobil temen bpi makasar, faisal. Jam 8 kami brangkat dari makasar menuju tanjung bira bulukumba, perjalanan akan ditempuh 6 jam. Karna belom sarapan kita bungkus nasi kuning di pinggir jalan. Sepanjang jalan kaIi ini view nya berbeda, bukan lagi bukit batu kapur, melainkan padang savana dan pantai, karna memang jalur menuju bira berada di pinggir laut. Tapi sepertinya efek kecapekan setelah estafet dari samalona-ramang2-toraja, beberapa dari kami tidur pules sepanjang jalan.
6 jam terlewati, jam setengah 3 kita sampai di bira, langsung menuju ke penginapan, lumayan dapet cotage pinggir pantai semalem 150 ribu. Awallnya kita rencana langsung hoping island n snorkling tapi karna perahu yang kami sewa, guidenya bilang, lautnya klo sore gak bagus buat snorkling. Trus kita diajak keliling tanjungbira, ke pembuatan kapal pinishi juga.

pembuatan pinishi, diperkirakan harganya 6 M

pagi jam 5 kita bersiap liat sunrise di pantai bara, tapi sayangnya langit menutupi matahari, mendung disisi timur, jadinya kita cuma jalan2 n foto2. Kitapun gak berlama lama disitu karna sang pemilik cotage menegur kami, karena kesalahan kami memasuki wilayah mereka tanpa ijin, karna jalan yang kita lalui bukan lewat jalur umum, tapi depan kawasan cotage milik orang..hihi..maaf kan kita pak...
sun rise di pantai bara(sayang mendung)

pantai bara

lalu kita balik ke penginapan, ganti baju buat snorkling ke pulau liukang, perahu udah nunggu dipinggir pantai. Sewa perahu ke pulau liukang dan 2 spot snorkling plus alat snorkel 350 perkapal. Spot snorkling kali ini lebih bagus lah n banyak ikannya dari pada hari pertama di samlona kemaren. Lokasinya juga sepi, sepertinya cuma kita saja yang lagi snorkling, maklum itu hari kerja, senen, sepi. Abis capek snorkling kita maen di pinggir pantai.

pulau liukang

Jam 9 kita balik ke pinginapan, mandi, beres2 kamar, trus check out. Balik ke makasar,baliknya kita mampir kulineran coto kuda, seporsi 18 ribu, 1 kupat 1000, minum bawa sendiri

coto kuda
sebelum sampe makasar kita mampir di museum gowa
pelangi di atas langit museum gowa

pengeluaran :
-sebenernya kami dapet tumpangan dari faisal, dia meminjamkan mobil dan dia setiri sendiri PP makasar-bira, kita cuma urunan bensin.
-bagi pemakai kendaraan umum : dari terminal malangkeri makasar ada kendaraan sejenis mobil avanza seharga 60 ribu, sampe bulukumba perjalanan 5-6 jam, ganti angkot/pete-pete dari bulukumba ke bira 3 ribu.
-penginapan 150 ribu, muat 6 orang
-makanan disini umumnya juga mahal, mungkin karna objek wisata kali ya, 25 ribu, minum 5 ribu
-sewa kapal ke pulau liukang dan snorkling 2 spot, plus alat snorkel 350 ribu. cp : pak kangsar 081256942404