RSS

Toraja

Perjalanan ke toraja malem hari, setelah sebelumnya kita mampir di rumah daeng ancha, bpi makasar. Istirahat mandi dan makan. Perjalanan dari rumah ancha dilanjutkan pukul 9 malem. Selama perjalanan hujan deres banget. Jam 3 pagi kita istirahat di enrekang, di warung. katanya seh mau lihat sun rise di bukit nona. Karna masih gelap banget aq tidur di kursi. Ya lumyan lah, karna dimobil gak bisa tidur.
Setelah sarapan, ngopi, perjalanan dilanjutkan jam 6. Sepanjang perjalanan kita disuguhi pemandangan barisan bukit kapur yang menjulang tinggi, perjalanan lama jadi gak terasa melihat keindahan kanan kiri jalan. Perjalanan ditempuh 3 jam akhirnya kita sampai di toraja

Ketika kita sampai di lokasi yang pertama, kete kesu, dari kejauhan deretan rumah tradisional toraja, tongkongan namanya, sepertinya sedang ada acara pesta adat, banyak orang berkumpul, beberapa orang berbaris membawa kerbau gemuk2 dengan tanduk melingkar di kepalanya. Setahuku ini adalah pesta adat rambu solo, pesta adat kematian bangsawan toraja, pesta diawali dengan adu kerbau pada hari pertama, hingga puncak acara pemakaman, upacara ini bisa berlangsung 1 minggu lamanya, beruntung kami bisa melihat prosesi acara adat itu, karena emang dari awal kami udah cari info mengenai acara pemakaman di toraja. Menuju ke belakang kita mendapati bukit batu yang dipakai adat toraja unuk menempatkan kerangka jenasah yang meninggal.
tedong silaga(adu kerbau)

alunan musik tradisional mengiringi upacara pemakaman

peti mati orang yang meninggal
setelah berlama melihat acara adu kerbau kita menuju 2 lokasi lainnya, yaitu londa dan lemo, yaitu tempat pemakanan di tebing batu kapur, ataupun di dalem gua
lemo(kuburan di bukit batu)

pusaka

peti mati berbentuk sapi

tau tau(boneka yang dibuat seperti orang yang meninggal)

pengeluaran :
-sewa mobil 2 hari, per hari mobil plus sopir 400 ribu, bensin perkiraan permobil 2 hari 250 ribu(karna kita bermobil ber 6 jadi dibagi 6 orang)
- bagi yang memakai kendaraan umum, dari terminal malangkeri makasar ada bus patas malam, yang ekonomi 80 ribu, eksekutif, 130-150 ribu, berangkat dari makasar mulai jam 8 malem. sampai dirantepao pagi, bisa sewa motor 60 ribu per hari( CP: 081342463828)
-biaya masuk tiap objek di toraja 10.000, objek yang sempat kita kunjungi cuma 3, kete kesu, londa, dan lemo
-makan di toraja mahal, yang muslim pun jarang...makan seporsi rata2 20-25 ribu...minum es teh 5 ribu