RSS

jogja hari 1


selamat pagi jogja...

alasan liburan ke jogja sebenernya pengen explore propinsi Yogyakarta, kebetulan dapet promo kereta malioboro expres eksekutif Kediri-jogya seharga 100 ribu. Tujuan utama adalah explore gunung kidul dan kulonpromo. Setelah perjalabab 4 jam turun di stasiun tugu joja, sampai jam 4 pagi. Nunggu jam 6 untuk sewa motor dianter ke stasiun, setelah itu nitip tas di hostel.Sewa motor 2 hari 140 ribu, sementara penginapan kelas dormitory seharga 68 ribu.


pantai baron


pantai kukup


Jam 06.30 pagi aku berangkat motoran ke gunung kidul, sejauh 70 km menuju tujuan pertama, pantai baron. Dari sini terdapat banyak deretan pantai2 sepanjang pantai selatan.  Selain pantai, kita dapat menikmati aliran air sungai yang jernih berwarna hijau menuju pantai. Ada mercusuar yg terlihat dipantai, berada di atas bukit, dari atas bukit kita bisa melihat view lebih luas pantai baron. Kita juga bisa menyewa kapal nelayan untuk keliling pantai. Selain itu pula tersedia deretan kuliner rata2 makanan laut.
Setelah itu menuju pantai kukup. Karakteristik pantai ini selain berpasir putih, adalah pulau karang yang dihubungkan denagn jembatan, namanya pulaujumpino. Tidak jauh dari pantai ini terdapat taman bunga yang bagus untuk berfoto.


pantai krakal


pantai sadranan


pantai drini
Setelah itu menuju pantai sepanjang, pantai ini memiliki garis pantai paling panjang dintara pantai lain, sesuai dengan namanya, pantai se-panjang. Di beberapa pinggir pantai terdapat beberapa tenda berkemah wisatawan.setelah itu menuju pantai drini. Selain pantai pasir putih, kita bisa menyeberang jalan, dan menaiki bukit, pulau kecil yang bernama pulau drini. Dari sini kita bisa melihat view dari ketinggian. Selanjutnya menuju pantai krakal, dan bersebelahan dengan pantai sadranan, dipantai sadranan disewakan pelampung dan alat snorkeling, karna tak jauh dari bbibir pantai kita bisa bermain air melihat bawah lautnya.  Sementara di krakal selain pantai pasir putih dan pohon cemaranya yang teduh, kita juga bisa naik ketas bukit, ada patung berbentuk ikan besar, dari sini kita bisa melihat view dari ketinggian.Selanjutnya menuju pantai sundak dan pantai indrayati, terakhir pantai pok tunggal. Jalan ke akses pantai di gunungkidul ini sudah beraspal baik, hanya kadang menuju pinggir pantai jalan menjadi cor semen. Tiket masuk rata2 antara 5 ribu-10 ribu.  


air terjun srigetuk

Air terjun srigetuk
Air terjun ini berada di kecamatan playen, kabupaten gunungkidul. Air terjun ini berada di tepi sungai oyo. Dari lokasi parkir kita bisa mencapai air terjun dengan 2 cara, jalan kaki atau menaiki perahu. Datang saat musim kemarau kita bisa menikmati aliransungai yang berwarna hijau, disepanjang kiri kana lairan sungai kita bisa menikmati formasi batuan yang keren. Denagn tiket perahu 10 ribu, atau jalan kaki sejauh 400 meter yang sudah disediakan menuju air terjun. Aliran air terjun sri getuk ini tidak mengenal musim, musim kemarau juga tetep mengalir, berbeda dengan daerah gunung kidul lain yang cenderung tandus. 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment