RSS

Pendakian Gunung Penanggungan

Jumat sore pukul 15.00, chat masuk ke hp ku, besok jadi ke penanggungan brangkat pagi jam 6. Wah blom persiapan blas nih. Apa yang perlu dibawa gung, tanya ku, bawa makan aja, jgn lupa mantel n jaket. Wah sip ni, gak perlu bawa carier gede, tenda atau nesting, hihi. Trip hore hore. Sebelum beli logistik sempet kulineran di gumul ama temen, baru jam setengah 9 malem mampir swalayan beli makanan buat besok pendakian. Sampe rumah bilang ke ortu besok brangkat pagi mau naik gunung, ortu kaget. tapi dah biasa gitu aq , ijin mendadak. ok gpp, hati2. Sipp. Malem itupun packing dalam kondisi nguantuk capek seharian kerja n kluyuran di gumul, sambil cheking barang2.

Jam 2 pagi alarm berbunyi, dengan rasa ngantuk yang amat sangat, aq bangun, mandi, coz ngejar bus agar sampe sby jam 6 pagi. tak lupa pamit ortu. Setelah cheking terakhir selesai aq pun pamitan ortu, melewati jalan yang masih gelap dan sepi, serta dingin. Tak lama kemudian bus pun muncul, masih sepi penumpang. Jalanan pun sepi. yang biasanya kediri ke surabaya 3-3,5 jam ini cuma 2 jam.
Turun di terminal jam 05.30 mampir ke warung makan, sekalian sarapan n beli air aqua buat pendakian nanti. Abis tu duduk di ruang tunggu sambil nungguin temen. tak berapa lama chat whataps masuk. mbak eli udah nunggu di parkiran terminal. Ada 3 orang, mbak eli, santi dan mas dani, kurang satu lagi, agung, sang guide master gunung, sepertinya dia bangun kesiangan. Kita nunggu 1,5 jam, baru muncul jam 7.30, hiyaa..ternyata benar dia bangun kesiangan. Gapapalah, toh sambil santai kita pasti sampe puncak sebelum malem. 3 motorpun melaju menuju trawas, mojokerto. Setelah sempet nyasar dan kebablasan karna lupa jalurnya akhirnya sampe diparkiran jam 11 siang.

Pendakian kali ini lewat jalur jolotundo. Sebenernya untuk menuju puncak penanggungan ada 2 jalur, selain jolotundo ada jalur tamiajeng. Dan katanya jalur yang rame itu lewat tamiajeng, karna track nya mudah. karna aq gak tau ya udah ikut wae. Setelah isi perut, solat , packing trakir, tak lupa berdoa dulu semoga pendakian lancar.
Sebagai awalan traking kali ini jalur yang kita lalui langsung deh nanjak tus, melewati hutan rimbun, sama sekali gak ada jalan lurus. Kami sebagai pendaki awam, baca newbi, beberapa menit melangkah duduk istirahat track yang kami lewati memang terus menanjak dan menanjak, tapi kita juga melewati beberapa candi jolotundo, ada sekitar 5-6 candi yang kita lewati, sambil berhenti sejenak, sekedar foto2 ataw istirahat meluruskan kaki n punggung. Candi pertama yaitu candi bayi, dinamakan candi bayi selain ukurannya yang kecil dan seperti candi yang belom jadi, dan sudah berantakan susunan batunya, katanya sih ini ceceran puncak mahameru yang dibawa dari india menuju gunung semeru, ah dogeng yang gak masuk akal, haha, konon dulu ini merupakan salah satu peninggalan kerajaan majapahit, nah ini aku baru percaya. Candi selanjutnya ada candi putri, candi gentong, candi lupa namanya, dan terakhir candi shinta, ada taman nya, tempat ini sering dipakai unuk sembahyang,  masih ada bau menyan n daun janur kuning yang masih segar. baru setelah melewati candi sinta ini track langsung nanjak bebatuan. sungguh trake yang memaksa kami harus hati hati, salah pijakan batu bisa meluncur kebawah mengenai pendaki dibawahnya. Beberapa kali istirahat, sambil mengamati kota mojokerto dari atas, kadang menghilang tertutup kabut. Jam 17.30 akhirnya kami sampai di ground camping, bersebelahan dengan puncak, sepertinya ground udah cukup ramai dengan adanya beberapa tenda yang udah berdiri. setelah istirahat bentar. kita pun segera mendirikan tenda, takut hari mulai gelap , kabut, dan hujan.

Malemnya kita masak masak, bikin sayur kacang n tempe goreng serta sambel, lauknya peyek. Diluar ujan deres jam 8 malem sampe jam 9, kita Cuma tiduran di tenda. Setelah jam 9 malem, hujan deras cukup untuk menghilangkan kabut sementara, sehingga kita bisa melihat gemerlap lampu kota dimalam hari…wiiii kereeennnn banget, yang biasanya Cuma bisa aq liat pas abis take off atau landing pesawat di malam hari. Cuma sayang kamera kurang bagus untuk menangkap momen itu. Cuma 10 menit kabut sudah menutupi keindahan kota, langitpun juga gelap tanpa bintang, resiko ke gunung di musim ujan. Jadi sisa malam ini dihabiskan tidur di tenda sampe pagi, berharap subuh esok masih menyisakan keindahan gemerlap lampu kota atau pun sunrise. Kamipun tidur setenda ber 4

Paginya ternyata kabut juga enggan pergi, hingga mentari pagi baru muncul jam 8, gagal deh dapet foto sunrise. Pemandangan gunung arjuna-welirang dari puncak pun hanya Nampak siluet gara2 kabut tebal, apalagi sunrise blas kagak keliatan. Akhirnya kita masak aja buat sarapan. Abis sarapan hujan turun, alhasil Cuma duduk2 melingkar. Jam 9 kita packing beres2 mau cek out(kayak hotel aja), bongkar tenda, bersiap turun. Jam 10 kita turun, dan hujan pun kembali turun dengan derasnya, kamipun langsung memakai mantel. Jalanan turun menjadi semakin sulit oleh hujan, jalanan setapak jadi seperti sungai ada aliran air, batu yang dijadikan pijakan juga gak stabil lagi, dan licin. Harus ekstra hati2, kalo tidak bisa terpeleset dan meluncur ke bawah, ditambah kabut tebal menutupi pandangan, kami harus saling menjaga dan berdekatan, biar gak ada yang nyasar atau kenapa2. Pendakian naek kemaren memakan waktu 5,5 jam. Kini perjalanan turun jadi lebih lama, 6 jam. Salah satu teman kami kesulitan berjalan karena sepatunya licin. jam  4 sore kita sampai diparkiran, mandi, makan, langsung balik Surabaya, dan akupun harus naek bus lagi ke Kediri, baru sampe rumah Kediri 22.30, Alhamdulillah.