RSS

Explore nganjuk : air terjun sedudo, embung estemulyo, candi lor

Air terjun sedudo

Embung estumulyo


Candi lor

Nganjuk sebenernya berdekatan dengan Kediri. Tapi lum sempet mengexplore nganjuk, bahkan ke sedudo yang terkenalpun lum pernah. Waktu itu libur hari jumat, brangkat pagi menuju nganjuk. Lokasi yang dituju pertama adalah air terjun seduduo sejauh 62 km. beruntung hari itu langit sangat cerah warna biru jadi latar belakang gunung wilis terlihat jelas. Bahkan sepanjang jalan menuju sedudo sangat menyenangkan bisa melihat hamparan sawah dan bukit, jalan berliku naik turun. Sayangnya terjadi insiden kecil saat sampai di parkiran sedudo, kakiku kena knalpot motorku sendiri. Panas dan perih. Akhirnya aku Cuma menikmati sedudo dari atas saja, males jalan menuruni tangga menuju bawah air terjun, toh disini pemandangannya juga keren.







 Setelah berfoto dan cukup istirahat aku meneruskan perjalananku menuju embung estumulyo. Merupakan bendungan buatan yang dipakai untuk irigasi warga ketika musim kemarau. Bendungan ini dikelilingi bukit pohon pinus. Sayangnya air nya keruh. Lokasi meuju danau memang terletak ditengah hutan, namun jalan yang dilalui sudah paving bagus. Dan sepanjang jalan dari sedudo ke embung estumulyo ini banyak kita lihat pepohonan cemara, ada spot yang dinamakan cemoro kandang. 


Setelah itu kami menuju ke kota nganjuk, disitu ada 2 lokasi yang aku tuju, pertama adalah menara bekas pabrik gula ynag masih berdiri kokoh, sekitarnya sudah ditanami tebu, sehingga untuk mencari titik utuk berfoto kesulitan harus mencari jalan masuk diantara pesawahan tebu yang sudah rimbun dan tinggi. 


Tak jauh dari situ ada candi yang menurutku menarik untuk menjadi objek foto. 
Namanyacandi lor. Menurut sejarah candi ini adalah cikal bakal berdirinya nganjuk. Candi berbahan bata ini sudah tidak berbentuk lagi, hanya terlihat seperti bangunan 2 tingakat yang runtuh. Namun menariknya bukan disitu, melainkan pohon kepuh raksasa yang diperkirakan seusia dengan candi itu sendiri, ratusan tahun. Pohon ini masih tumbuh menjulang ke atas, akarnya menjalar keluar besar2 persis seperti di candi Angkor wat kamboja



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment