RSS

seven commando beach

small lagoon

big lagoon

Hari 1
Untuk menuju Elnido ini butuh perjuangan berat buatku yang tinggal di pelosok desa, Kediri. Bisa dibayangkan capeknya perjalanan panjang, naik kreta ekonomi Kediri-pasar senen Jakarta 14,5 jam. Lanjut penerbangan Jakarta-manila 4,5 jam. Bermalam di airport manila nunggu pagi Lanjut lagi penerbangan manila ke Puerto princesa 1 jam. Sesampai di bandara kita menuju pintu kluar sebelah kanan ada beberapa agen tour. Yang pertama ku pesan mobil elf menuju elnido, yang ke 2 aku pesan tour underground river untuk 3 hari ke depan, karna memasuki underground river ini sehari dibatasi.
Perjalanan Puerto princesa ke elnido ini memakan waktu 5-6 jam. Istirahat makan sekali di pertengahan perjalanan. Biaya van/elf ini adalah 500 peso(1 peso=265 rupiah). Jalanan di pulau Palawan ini rata2 berbukit2 sehingga naik turun berbelok belok, tapi jalanan nyaman, gak banyak kendaraan yang lewat, bahkan sangat jarang sekali kulihat rumah di kiri kanan jalan, hanya beberapa kota kecil, karna melewati sekitar3-4 kota kecil sebelum sampai elnido. Sempet hujan deras mendekati elnido. Memang bulan juni sudah memasuki musim hujan. Mobil van akan menurunkan penumpang di terminal bus elnido. Dari terminal menuju ke penginapan bisa memakai tricyle(becak motor) dengan harga 50 peso.

view dkt penginapan

Aku menilih penginapan deket pantai agar bisa lebih deket jalan2 ke pantainya. Aku memilih dorm selain lebih murah ya kita bisa bertemu dengan traveler lain, saat itu sekamar ama bule dari brazil dan jake dari korsel. Sore itu masih gerimis mendung, aku berjalan sekitar 5 menit menuju dermaga ferry, dari sini kita bisa melihat deretan kapal2 dan bukit2 menjulang. Lalu cari tricyle menuju pantai las cabanas, katanya disini sangat bagus view sunsetnya. Setelah tawar menawar 300 peso untuk pulang pergi, kita menuju pantai las cabanas sejauh 5-6 km dari penginapan. Sesampai di pantai sudah ramai bule berjemur, ada café full music, deretan pohon kelapa, dan deretan pulau2 di kejauhan sana yang membuat siluet saat matahari tenggelam.

las cabanas beach
Hari 2
Pagi esoknya aku bersiap menuju tour hopping island, jam 8.30 dijemput pihak tour dan 9 pagi mulai berangkat. tempat pertama yang kita kunjungi adalah seven komando beach, lokasi pantai ini sebenarnya masih 1 pulau sama elnido, namun karena lokasinya hanya bisa dijangkau dengan kapal saja.

seven commando beach

Lokasi ke 2 adalah small lagoon, aktivitas yang bisa dilakukan disini adalah menaiki kayak menuju laguna kecil, atau berenang. Deretan karang2 di kiri kanan mengitari laguna berair hijau jernih. Hamper 50 menit kita muter2 gak jelas menaiki kayak, ya gimana gak muter2 wong gak ngerti cara mendayung yang benar, haha…untuk menaiki kayak ini kita bayar lagi, sekitar 300 peso untuk 1 orang, karna perahu gak akan bisa masuk ke dalam laguna yang sempit.

small lagoon

Tujuan selanjutnya adalah menuju pulau simitzu, disini kita akan makan siang. Olahan sea food segar(blom dimasak). Dan aku gak doyan, jadi Cuma ambil ayam goreng keras dan ikan bakar(tapi berasa ikan diasapi doing). Ada udang mentah, kerang/tiram dengan bumbu kecap kecut.

simitzu island

Setelah perut terisi kembali habis capek mendayung kayak, kita menuju secret laguna. Dan aku males turun dari kapal, karna lokasi lagunanya yang sempit, jadi kita harus nyebur laut yang masih agak dalam, sementara aku Cuma di atas kapal sambil berfoto2 cukup puas, karna memang dari sudut manapun pulau2 di elnido ini sungguh indah.

lokasi secret lagoon

Tujuan terakhir kita adalah big lagoon. Klo tadi small lagoon kita Cuma bisa memasukinya dengan pakai kayak, sementara di big lagon ini perahu besar bisa masuk. sepeti memasuki lorong panjang yang diujungnya ada lagunya besar berwarna biru kehijauan. Setelah itu acara nyantai, berenang nyebur2 floating di deket kapal, karna aku rasa karang disini kurang bagus, jadi gak banyak ikannya. Tour berakhir jam 15.30 kita kembali ke penginapan masing2. Oh ya tour ini ada pilihan tour paket A, B, C, dan D. masing2 paket tujuan yang didatengin berbeda, tapi bagi yang pertama kali ke pilipin tour A dirasa cukup popular.