RSS

Ratu boko
Candi plaosan lor
Tebing breksi

Libur lebaran yang panjang, seperti tahun kemarin, adalah saat yang tepat untuk traveling keluar negri kenegara yang belum pernah kukunjungi. Vietnam dan kamboja adalah tujuan selanjutnya. Dengan libur lebaran seperti sebelumnya 11-12 hari, akupun memprediksi libur dari tanggal sekian sampai tanggal sekian, dan ketika ada promo pesawat airasia langsung booking. Awalnya aku akan ke halong bay n Angkor wat. Beberapa tiket PP udah dibeli. Sampai awal tahun 2016 sempet kaget, ternyata rencana libur untuk jalan2 11 hari berubah total, setelah prediksi jadwal libur salah. Akhirnya berpikir dengan cepat, karna gak mungkin tiket di refund, akhirnya Tuhan masih berbaik hati padaku, saat itu juga ada promo AA lagi, dengan membeli 2 tiket baru. Dan merelakan tiket sebelumnya gak dipake beberapa.
Tanggal 6 juli…
Pagi itu hari raya lebaran pertama, setelah silaturahmi kekeluarga besar sampe sore, trus ke tetangga. Malem jam setengah 10, packing ..dianter bapak ke stasiun, menuju Yogyakarta…karna pesawatku ke kualalumpur senilai 100 ribu dimulai dari yogya, kalo dari Surabaya mahal 1,5 juta. Perjalanan selama 5 jam, jam 4 pagi sampai stasiun yogya. Setelah solat subuh, akupun jalan kaki keluar stasiun menuju jalan malioboro. Ada waktu sampek jam 2, karna penerbangan jam 17.00 dari yogya.
Titik nol
Benteng velderberg

Menyusuri jalanan malioboro dipagihari, jalan terus sampe titik nol jogja, hingga alun2 dan gerbang masuk keraton. Setelah puas berfoto, akupun mencari halte bus trans jogja terdekat. Rencana awal menitipkan tas ransel di bandara. Setelah itu baru deh jalan2. Dari bandara kembali naek bus trans menuju prambanan. Setelah sarapan akupun nyari ojek untuk keliling candi. Stelah tawar menawar selesai 100 ribu untuk keliling candi ratuboko, candi ijo, tebing breksi, candi plaosan lor. Kenapa gak memilih prambanan, karna aku sudah pernah .

Entah kenapa di candi ratu boko ini aq merasa ditipu oleh petugas dengan harga karcis 25 ribu, padahal temenku, Sammy  bayar 10 ribu candi ratu book ini biasanya bisa 1 paket ama prambanan, nanti ada kendaraan antar jemput dari candi prambanan. Dicandi ini katanya bagus untuk mengabadikan foto sunset. Dan naek daun gara2 filem AADC 2 kemaren syuting disini.
Dari ratuboko aku  menuju candi ijo, dicandi ijo ini aku bertemu dnegan temen baru, Sammy namanya, udah motoran dati Jakarta sampek yogya. Dari sini kita ngobrol2..karna sama2 jalan sendiri, kita memutuskan untuk jalan bareng ke candi selanjutnya, biar ada yang potion, gak pake tripod lagi, hehe…
Candi ijo

Tebing breksi

Dari candi  ijo kita menuju tebing breksi, disini dulunya adalah batu kapur yang disulap jadi destinasi wisata, berkat instagram ramelah tempat ini, disini dibuat semacam panggung pementasan dengan tempat duduk melingkar, seperti ampitetater gitu. Sayang nya hari itu gak ada pertunjukan, aku tanya baru besok ada pertunjukan jatilan/jaranan. Tapi buat foto2 saja udah bagus kok.
Dari sini si Sammy ngajak ke candi barong, tempai ini jalannya agak sulit diakses, jalannya sempit rusak dan menanjak.
candi barong

Setelah itu kita menuju candi plaosan lor. Menuju candi plaosan kita melewati candi sojiwan, yawdah kita istirahat sejenak  sambil foto2.
Destinasi terakhir adalah candi palosan lor. Candi ini tidak jauh dari pramanan. Dan kita lihat kawasan candi prambana hari itu macet total, maklum libur lebaran.

Jam 1 pun aku balik ke bandara. Jam 17 flight ke kualalumpur

Unknown said...

Keren mas Hari.... Pa lg ada nama Sammy nya d sebut" hahaha

potrehkoneng said...

trip candi hast just began ya kak?