RSS

Angkor wat
Angkor tom
Ta keo
Bus memasuki kota siemreap pukul 18.30. setelah menurunkan penumpang, aku nyari tuktuk yang akan mengantarkanku ke penginapan, bayar 3 usd. Penginapanku sangat strategis, depan udah kfc, jalan 200 m udah night market n pubstreet.

Setelah naruh tas n mandi ganti baju aku ke kfc dulu makan, abis tu jalan2 ke night market. Suasananya sangat ramai sekali disini, banyak turis berseliweran, bisa kuliner, belanja, oleh2, ada tempat hiburan, music jedag jedug, dan banyak massage. Yang membuatku geli adalah aku diuber2 banci yang nawarin masaage nya maksa banget, aku udah nolak, eh dihalangi jalanku, aku jalan cepat sdikit lari, eh ditarik tanganku, mister plis come for me…hihh…nyebelin banget.
Paginya aku ditunggu supir tutuk2, setelah malem sebelumnya aku pesen ke yang pnya penginapan. Ada long track seharga 20 usd, ada yang short track seharga 15 usd, lum termasuk tiket masuk one day 20 usd. Sebelum memasuki kompleks Angkor wat kita menuju ticket office, di tiket ini ada foto kita, jadi berasa eklusif banget tiketnya, buat oleh2 spesial.

Pagi itu aq sampai di parkir Angkor wat jam 07.30. Angkor wat udah ramai. Kompeks Angkor wat ini sungguh besar, dari parkir ke pintu gerbang saja sekitar 300m, belum dari gerbang ke candinya jg jalan jauh. Sayangnya posisi ketika memotret bagian depan angor wat cahaya backlight. Harus diakali untuk mendapatkan foto yang bagus. Setelah muterin naik turun candi, aku muter ke sisi belakang Angkor wat. Sepi…dan benar saja, fotonya lebih bagus, langit biru, gak ada orang lain. Angkor wat ini perkiraan dibangun pada abad 12 oleh suryawarman II

Muterin angkor wat ini membutuhkan waktu 1,5 jam. Bener2 bangunan yg menakjubkan. Meskipun udah berlumut dan beberapa kerusakan lagi diperbaiki. Dibandingkan bangunan candi lain di komplek angkor wat, cuma angkor wat yg terawat karna sampek sekarang masih digunakan untuk beribadah agama budha.

Setelah itu pergi ke angkor tom, di kompleks angkor tom ini ada beberapa candi, yaitu bayon, terace of elepant, bapoun. Ketika berkunjung ke bayon, sedang ada perbaikan, mobil crane ada di depan. Bayon temple ini menggambarkan candi seribu wajah. Karna 1 candi terdiri dari 4 sisi dengan 4 wajah.

Dari bayon temple menuju ta keo. Candi yg sekarang sudah mengalami perbaikan, dulunya hancur tak berbentuk. Candi ini tersusun dari 4 tingkat. Menuju tingkat paling atas butuh perjuangan mengingat panas matahari menyengat.
Candi yg terakhir adalah ta prom, atau sering disebut lara croft, karna dulu anjelina joli dulu pernah main di candi ini. Dari pintu masuk ke pintu keluar berjarak 1 km. Kita berjalan menyusuri hutan. Dan ketika masuk kompleks candi utama. Banyak pohon ratusan tahun di dalam kompleks candi ini. Mau berfoto aja harus antri.

Pengeluaran :

• Reddit
  • RSS

potrehkoneng said...

kursnya mbok juga dirupiahkan kak

hari_arch said...

Kurs dollar kan naek turun nyah. Skrh 13.400 an lah. Aq beli pake dolar, kembaliane dikasih real kamboja 😂

Unknown said...

Hanya di Kamboja saja ya kak pake USD? Asem bener bayar pake USD kembaliannya dikasi real KHR wkwkwk.

hari_arch said...

Intan : iya nih, gara2 pake dollar jadi mahal, klo kembaliannya real kamboja mending dihabisin dibeliin di minimarket,klo diluar kamboja gak laku tu duit 😂