RSS

Kembali ke yangon...,(myanmar bag 3)

Jam 5 pagi bus kami sampai di depan terminal aung mingalar, yangon. Dari pihak bus memberi tumpangan gratis bagi kami, 1 bus kecil menuju bandara, dan 1 bus lagi menuju pusat kota. Kami menaiki bus trakhir, karna memang hari ini kita akan menginap di kota sebelum penerbangan besok pagi ke kualalumpur lanjut ke kota masing2 di indonesia.

Yangon central station

Meskipun antara terminal dan kota dekat tapi kemacetan dipagi hari memakan waktu sekitar 1 jam kami sampai di depan stasiun kereta apin yangon. Jam 6 kami sampai. Gimana kalo kita naik kereta keliling kota, abis itu ke kfc trus belanja oleh2 sebelum balik ke penginapan masing2. Kamipun setuju semua.kami berjalan masuk ke stasiun, mencoba mencari informasi kereta yang akan membawa kita memutari kota yangon. Kreta ini termasuk kereta loop line. Tiket 200 kyat ( 2000 rupiah saja) untuk waktu 3 jam memutar kota kembali ke tempat awal. Toh kami sudah keliling yangon di hari pertama, kami santai saja hari ini, next kereta jam 07.30.

Suasana di kreta

Mall di yangon

bogyoke market

Kereta datang, berjalan amat lambat sekali, bisa duduk dimana aja, persis kereta komuter. Sebagian besar adalah penduduk lokal yang mau pergi ke pasar, berangkat kerja, atau para pelajar kuliah. Pedagang hilir mudik kluar masuk menjajakan makanan. Akupun menikmati perjalanan ini, meski kereta lambat, kami bisa mengamati kegiatan penduduk lokal, kereta melewati beberapa pasar di kiri kanan rel kereta, melihat gimana penduduk lokal ngobrol, berpakaian, sesekali kami tertidur, karna angin sepoi2 dan kereta bergoyang lambat seperti menina bobokan kami. Jam 10.30 kereta kembali berada di yangon central. Kamipun berjalan menuju kfc, gak jauh, Cuma 500 m saja dari stasiun. Ngadem, ngisi perut, niatnya sih nyari wifi buat internetan, ternyata wifinya tidak bisa diakses. Yaw dah lah kami duduk2 ngobrol lama mengamati orang2. Abis itu kami menuju bogyoke market. Pasar tradisional 3 lantai ini berhadapan dengan mall modern di yangon. Kami kluar masuk mencari suvenir, kaos untuk oleh2, cukup lama kami disni, sebelum akhirnya kami ber lima berpisah, menuju penginapan masing2 yang kami pesan sebelumnya. Mreka naik taxi karna cukup jauh, sementara aku dan ari cukup berjalan kaki saja, karna penginapan okinawa guesthouse berada dideket sule pagoda.
Sule pagoda at night

Mahabondala park

Yangon city hall

Immanuel baptis church

Di okinawa gusthouse ini cukup murah, dorm per orang 70 rbu rupiah, kamar isi 4 ranjang. Undah include sarapan. Kami gunakan sisa waktu terakhir untuk istirahat, ngenet, malamnya jalan2 sekitar penginapan saja, karna ini pusat kota, jadi kemana2 deket.

Jam 5 aq bangun, jam 6 berangkat ke bandara, Sarapan pagi ini cukup besar porsinya, ada roti selai dengan telur dadar, pisang, kopi dan teh susu, kami sempat menolak sepiring mie goreng, karna bagi kita udah cukup, daripada mubazir gak habis dimakan mending buat orang lain. Kami juga memesan taxi menuju bandara, bayar 80 ribu rupiah menuju bandara. Kamipun bertemu lagi ber 5, penerbangan ke kualalumpur jam 08.30. aku transit 2 jam selanjutnya berpisah dengan mereka, aku menaiki pesawat menuju yogyakarta, karna waktu itu yang paling murah 400 rb rupiah ke yogya, dari yogya disambung kereta menuju kediri.

Inilah kami ber 5

Pengeluaran hari 3
- tiket kereta 200 kyat
- makan di kfc 3800 kyat
- gantungan kunci 5000 kyat
- makan malam 5000 kyat

Pengeluaran hari 4
- taxi ke airport 8000 kyat (untuk ber 2)