RSS

Short Trip To Aceh




Short Trip To Aceh
Perjalanan kali ini murni urusan kerja, meski sebenernya punya waktu sabtu minggu, tiket PP udah dibeli sby-medan-lhokseumawe. Bos menolak untuk merescedule tiket kepulanganku. Yaw dah deh yang penting bisa menginjakkan kaki di propinsi paling barat Indonesia, Nangro Aceh Darussalam.


Untuk menuju lokseumawe harus transit medan dulu, Surabaya-meda 3jam flight, ganti pesawat yang lebih kecil, ditempuh dalam waktu 50 menit. Karna penerbangan pagi jam 5.00, maka harus berangkat pagi2 sekali dari Kediri, jam stengah 2 kami dijemput mobil kantor. Transit di bandara kualanamu ini tidak terlalu lama, Cuma setengah jam duduk sudah ganti pesawat. Ini untuk pertama kalinya aku di bandara kualanamu, meski sebelumnya aq pernah ke medan, dulu bandaranya di tengah kota, kecil . bandara kualanamu ini menjadi percontohan bandara di Indonesia, karna disini terintegrasi dengan kereta bandara ke kota medan, karna lokasi bandara jauh.



Jam 11 siang kita sampai di bandara lokseumawe, kota kecil yang berada dipesisir pantai. Lokasi bandara masih jauh dari kota lokseumawe, kami menunggu jemputan sampai jam 11.30 an. Langsung menuju proyek SM. Jam 3 an baru kita dianter ke penginapan, hotel garuda.
Malem itu setelah mandi, aku rencana mau kuliner mie aceh, tapi setelah kutanyakan kepada resepsionis hotel ternyata tempatnya jauh. Yawdah deh nyari makan sekitar hotel aja, akhirnya makan nasi goreng. Abis itu aku jaln2 sendiri, rencana mau ke Islamic cnter, tapi ternyata hujan turun, akhirnya aku berteduh di warung kopi, beli teh  tarik.



Paginya aku jalan2 ke pantai, Cuma jalan 20 menit, niatnya sih nyari sunrise, tapi sayang mendung. Abis itu jalan menuju Islamic center. Bangunan ini sangat besar, tapi sayang masih belum selesai.
Saya bukan pecinta kopi, dan termasuk menghindari kopi karna cafein akan memicu maag. Tapi ketika disajikan beberapa jenis kopi, sanger(kopi susu) dan kopi aceh perutku tidak maag. Di aceh kopi tidak hanya minuman, tapi sudah membudaya. Banyak di kiri kanan jalan kedai kopi, skedar bersantai ataw membicarakan hal keseharian. Dan dibeberapa tempat kopi dicampur ganja. Ganja hampir masuk kesetiap rokok, bumbu dapur, campuran makanan, bahkan mie aceh ada yg dijual level ganja 1-15(tidak semua tempat)

masnya meracik kopi itam

Sanger merupakan campuran kopi hitam, susu kental dan gula. Secara fisik, sanger memang mirip kopi susu atau caffee latte
Minumam kopi jenis ini hanya terdapat di Aceh.


teh tarik


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment