RSS

Explore Nusa Penida


kelingking beach

angel billabong

broken beach

cristal bay


sunrise sanur

Nusa penida berada 40 menit perjalanan dengan fast boat dari pantai sanur. Tiket fast boat 75 ribu sekali pergi. Lokasi tiket berada disepanjang pantai sanur. Jam keberangkatan dari sanur mulai jam 07.00, 09.00, 11.00. untuk arah balik bisa ambil jam 15.00, 15.30, 17.00 dari pelabuhan penida. Di penida kita bisa sewa motor untuk keliling, atau kalo menginap juga bisa. Namun kalo tidak punya banyak waktu bisa cukup 1 hari full berangkat pagi balik sore, itupun tidak bisa ekxplore semua, pilih penida barat atau penida timur. Sekarang sudah ada opentour/privat tour one day dari sanur. Mulai harga 380, sudah include tiket fastboat PP, dan kendaraan mobil selama di tempat wisata n tiket masuk. perlu diketahui, objek wisata dipenida ini masih tergolong baru, sekitar 2 tahunan baru booming, sehingga jangan bayangkan infrastruktur yang bagus seperti di bali lainnya. Jalanan masih banyak yang rusak, berlubang,berbatu, berdebu, sempit. Sudah ada peng aspalan baru dibeberapa tempat. Namun meski masih minimnya infrastruktur yang memadai, sudah cukup banyak pengunjungnya lho. Kalo ingin tantangan bisa mencoba sewa motor sendiri, dan nginep semalam sehingga bisa keliling dari barat sampai timur. Tapi bagi yang Cuma pengen tau penida, gak banyak waktu, dan males motoran, pakai jasa opentrip itu pilihan terbaik, seperti aku.
Dipenida meski ada sinyal telkomsel namun tidak merata, petunjuk lokasi wisata juga sudah ada, meski masih minim. Untuk nusa penida timur kita akan menuju beberapa lokasi yang sekiranya bisa dijangkau dalam 1 hari. Diantaranya kelingking beach, pohon cinta, angelbillabog, pasir uug/broken beach, dan cristal bay. Meski di peta lokasi itu berdekatan, namun karena jalan yang rusak n sempit maka butuh waktu lebih.

pohon cinta



kelingking beach

Pantai kelingking ini sangat iconic, berupa daraan yang menjorok ke laut, mirip seperti di yunani. Namun lokasinya yang berada diujung tebing sangat sedikit angle foto yang bisa diambi, dan harus extra hati2. Sebenernya ada pantai yang bagus sekali dibawah sana, sudah dibuatkan tangga turun, namun saat kami kesitu tertulis dilarang menu kebawah, tangga rusak. Memang sangat terlihat curam sekali untuk menuju ke bawah sangat curam. Di atas bukit ada 1 pohon yang tumbang menyisakan batang bawahnya, yang sangat unik, bisa dibuat foto, orang menyebut ini pohon cinta.

angel billabong


broken beach

Di pasir uug atau broken beach ini sebuah karang bolong/berlubang sehingga air laut masuk, seperti cekungan mangkuk besar, dengan background tebing2 sepanjang tepi laut. Bersebelahan dengan laguna yang disebuat angle billabong. Disini berupa cekungan yang terisi air sehingga membentuk kolam alami. Namun perlu extra hati2 kalo main di kolam, selain batu yang tajam, licin, kalo lagi pasang ombak bisa menarik tubuh perenang.
Sebelum menuju cristal bay kita stirahat sejenak di tempat makan, karna masih minim tempat makan gak seperti di bali lainnya, tempat makan disini bisa dibilang mahal, sepiring nasi goreng seafood seharga 35 ribu, minum 15 ribu.




cristal bay

Setelah itu kita menuju cristal bay, jalanan sudah bagus beraspal mulus. Disini ada pantai, pura, pura karang bolong, dan pohon kelapa ditepian pantai. Karna ini lokasi terakhir yang kita kunjungi sebelum balik ke pelabuhan untuk pulang, kita punya waktu 1,5 jam disini, terserah mau ngapain, berfoto, duduk ditenda dan kursi malas, berenang ataupun snorkeling.

Pengeluaran nusa penida
- Open trip 1 hari 380k
- Makan nasi goreng + jus di penida 50k

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment