RSS

Transit 19 jam di Singapore

Perjalanan diawali dari kota Kediri, menaiki bus gunung harta tujuan Jakarta. Perjalanan selama 15 jam tanpa bisa tidur ternyata cukup melelahkan fisik dan emosi, karna tiket yang kupesan via traveloka sedikit salah tujuan turun, miss komunikasi dengan sopir bus pula, sempet salah naik bus, diantara 2 bus yang berangkat saat itu. Harusnya turun di terminal pulogadung, akhirnya aku turun di terminal kampong rambutan. Setelah sebelumnya telpon CS traveloka dan sempet memberikan uang ganti menuju bandara. Gapapalah, tetep ada bus damri yang melayani rut eke bandara soeta.

Jam 4 pagi saat itu sudah sampai di terminal kampong rambutan. Aku segera turun mencari bus damri menuju soeta. Dalam perjalanan hujan deras hingga bandara, sempet tertidur beberapa detik meningngat aku gak bisa tidur semalaman. Turun di terminal 2, sembari menunggu jam penerbangan jam 9 menuju Singapore dengan pesawat scoot. Sebenernya tujuan utama adalah ke puket, namun memilih transit 18 jam di Singapore, mayan bisa menjelajah kota singapur dan jewel changi. Sesampainya di changi, aku keliling terminal 1, 2 dan 3. Melihat berbagai fasilitas bandara yang dinobatkan bandara terbaik. ada kaktus garden, sunflower garden, koi garden, orchid arden, dan favorit aku adalah butterfly garden dan jewel pastinya. Dan semuanya free entry.

hsbc rain fortex jewel changi

Untuk menikmati jewel ini kita bisa melihat dari bawah, dengan kita keluar dulu dari imigrasi. Jewel ini terhubung dengan 3 terminal. Klo ingin melihat dari atas juga ada balkon naik dari lift. Sementara bagi yang tidak memiliki banyak waktu kluar imigrasi bisa menaiki kereta monorel antara terminal 2 dan 3, kereta ini masuk dan melintasi rain fortex hsbc. Air terjun setinggi 30 m ini merupakan air terjun tertingginsedunia.

sunflower garden changi

butterfly garden changi

orchid garden changi

garden by the bay

Puas berkeliling jewel aku mencari stasiun mrt untuk menuju pusat kota. Aku turun di stasiun bayfontbuntuk menuju garden bay the bay. Masuk kesini gtatis. Aku berkeliling luar flower dome dan forest dome. Sementara kuliat antrian mengular panjang untuk memasuki ke 2 dome ini. Mengingat hari ini tepat tgl 25 desember, libur hari natal. Sambil menikmati gurat langit jingga di pinggiran laut menandakan malam mulai tiba. Saat itu pukul 19.00. Aku berencana melihat pertunjukan dancing crane di sentosa. Aku balik ke stasiun mrt menuju harbour font stasiun. Lalu jalan kaki 500 m menuju sentosa island.Tepat 10 menit sebelum pertunjukan mulai aq mencari tempat duduk yg nyaman. Saat itu sudah mulai ramai orang yang menonton. Pertunjukan crane menari diiringi musik dengan air mancur ditutup dengan pertunjulan kembang api selama 3 menit ini sangat menarik untuk ditonton, apalagi pertunukan ini gratis.

dancing dance sentosa

marina bay

Setelah makan di vivocity mol aku kembali ke stasiun bayfont untuk melihat pertunjulan lain di depan marina bay sand. Saat itu tepat pukul 21.00 beberapa menit sebelum pertunjukan mulai. Pertunjukan air mancur menari, sinar laser diiringi musik menari, dengan latar belakang gedung2 pencakar langit ini layak ditonton apalagi lagi2 ini tontonan gratis setiap hari di kota singapur. Menjelang malam aku balik ke changi airport untuk menonton pertunjukan terbaru dari jewel changi. Perjalanan balik ke airport dengan mrt ini hampirvmemakan waktu 1 jam. Tepat sejam sebelum pertunjukan dimulai aku sudah duduk manis di teras lt 5 jewel. Tepat jam 23.00 pertunjukan air terjun dengan sorot cahaya lampu diiringi musik ini sangat mengagumkan membuat decak kagum. Tak terasa pertuntunjukan 3 menit berakhir. Akupun masuk kembali masuk ke gedung terminal untuk istirahat.