RSS

Explore Flores Bag 1 ( persiapan...Kupang)

...persiapan...

Perjalanan ke flores udah direncanakan 2 tahun lalu, tapi selalu berakhir cuma rencana diatas kertas. Mengingat libur panjang yang kupunya Cuma lebaran dan natal. Biasanya sih libur lebaran lebih kupake untuk jalan ke luar negri, karna air asia banyak promo. Tetapi libur natal n taun baru air asia gak promo. Dari situlah libur natal selalu dipake untuk libur di dalam negri saja. Factor cuaca bulan desember yang musim hujan juga sempet membuat aku mikir2, karna flores dan komodo itu wisata alam yang benar2 membutuhkan cuaca cerah, kalo hujan pas lagi jalan kan gak asik. Plus tiket ke Indonesia timur itu diatas rata2 apalagi libur natal n tahun baru. Akhirnya bulan oktober, setelah urusan pembobolan kartu kredit selesai, aku bisa bernapas lega setelah 3 bulan ngurus kartu kredit ini, mayan juga tagihan 3,8 juta, kan bisa untuk ke flores. Browsing tiket nyicil dulu. Beberapa rencana harus bener2 kupikir matang2 diatas kertas. Niat awal berangkat pesawat pulang darat laut sepertinya sudah gak cocok untuk musim hujan gini, bisa2 aku tertahan di pelabuhan karna pelayaran gak ada, ada 5 kali penyeberangan dari flores ke Surabaya, itupun memakan waktu 3 hari klo kondisi cuaca bagus. Faktor sailing komodo juga yang belum jelas, mengingat aku jalan sendirian, kalo go show nyari paket disana pasti susah. Sempet terpikir juga numpang perahu nelayan yang berdagang dari Labuan bajo ke komodo, tapi lagi2 itu tidak pasti. Banyak hal yang susah dipastikan ketika memutuskan untuk berangkat. Untungnya ketika browsing nyari paketan ke komodo aku nemu indahnesia.net seharga 950 ribu untuk 3 hari 2 malam, keberangkatan tgl 30 desember-1 januari, yup itu pas dengan jadwalku di flores, mikir beberapa jam langsung ku iyakan, dan kirim DP 400 ribu, mengingat yang punya travel itu aku sudah kenal, pernah ketemu di opentripnya di Krakatau taun kemarin. Itu paket termurah yang aku lihat setelah browsing kesana kemari yang rata2 1,5 juta ke atas. Ok tiket berangkat sudah, paket komodo juga sudah, tinggal tiket pulang yang belum beli. Pas ada nam air buka harga 540 ribu Labuan bajo-bali langsung ku ambil, dengan resiko aku harus naik pesawat lagi dari bali ke Surabaya, karna besoknya aku sudah masuk kerja. Dan waktu transit dibali juga harus cukup untuk aku keliling bali selatan.

Menjelang keberangkatan, justru ijin dari emak lah yang lum kudapat. Dan ternyata si emak udah tau duluan aklo aku mau liburan, si emak tanya, kok baju2 mu kamu gulung kamu karetin, mau jalan kemana lagi? Yup, dipancing gitu langsung ku bilang mau ke Sumbawa, pulau sebelahnya bali itu lho mak, lagi2 aku sdikit berbohong, mengingat flores itu jauh. Yach gapapalah, asal aku selalu ngabarin orang rumah klo libur dimana. Sip ijin udah dapet, meski awalnya bilang seminggu, kenyataannya 11 hari, haha…

H-3 hp ku berdering ada yang nelpon. Maaf pak hari, pesawat transnusa ke ende untuk tgl 25 desember harus dicancel…trus aku bingung..perasaan kemarin aku beli nam air deh, bukan transnusa…trus mas di telpon bilang..iya mas..nam air memakai pesawat transnusa untuk operasionalnya…dan untuk tgl 25 desember semua pesawat transnusa tujuan flores dicancel semua, dimajukan 1 hari atau di undur besoknya..bapak pilih yang mana?..waduh langsung aku bingung…mengingat itu jadwal udah fix, gak boleh diotak atik, apalagi kalo dimundurin 1 hari, kalo dimajuin 1 hari resiko malah ketinggalan pesawat karna sehari ada 2 penerbangan. Trus ku bilang…bentar mas..aku masih mikir dulu…ok deh pak hari, kami telpon 1 jam lagi ke depan…akupun segera menghubungi temenku yang ada dikupang..nyari solusi..dia bilang gpp kamu nginep disini 2 hari, ntar bisa jalan2 di kupang lebih lama…ok udah tenang hatiku..tapi aku harus menyiasati waktuku diflores..mengingat waktuku hilang 1 hari di flores gara2 di cancel 1 hari. Setelah otak atik itinerary n yakin, akhirnya aku memutuskan diundur tgl 26 desember ke ende.

Hari H…
Pagi itu aku bangun jam 3 pagi, packing, solat subuh, berangkat jam 4 pagi dari rumah, dianter bapak nyari bus, jarak 20 km dari rumah. Bus Kediri-surabaya Cuma memakan waktu 2,5 jam untuk sampai di bungurasih. Lanjut naik bus damri ke juanda. Dan ternyata jadwal keberangkatan jam 10.15 diundur menjadi 11.15. setelah cek in pun dibilangin kalau pesawat delay 30 menit. Ok deh ternyata penerbangan tidak on time. Harusnya sampai kupang jam 13.15 molorrr jadi jam 15.00 baru keluar dari bandara el tari kupang, ditambah aku nungguin bagasi nugguin setengah jam.

foto depan bandara

Temen aku sudah nunggu di depan bandara, edyra guapo. Karna udah kesorean kita langsung ke rumah dinasnya sekitar 10 km dari bandara. Baru kluar jalan jam setengah 5. Kami ke kafe tebing untuk liat sunset. Dari sini kita dapat liat terminal petikemas, pelabuhan, dan pulau semau.

Malam natal di kupang jalanan ramai sekali, macet, mengingat dominan penduduk kupang adalah Kristen, warung n toko pun tutup masih sore. Aku juga dibilangin kalo transportasi pas natal juga akan libur, pantas aja pesawatku dicancel.

Hari- 2
Besok pagi bangun tidur, badan meriang demam, waduh masih awal perjalanan badanku udah KO, hiks…ditambah diluar hujan deras..niat keluar jam 07.30 ke pulau semau batal..hujan baru reda pukul 10.30…mas edyra nya bilang yuk jalan sekarang…langit diluar masih mendung..gerimis ringan..sementara badanku rasanya mau tumbang dikasur saja…akupun memaksakan diri untuk jalan, meski nafsu makan hilang aku bungkus saja dari warung…dimakan nanti kalo lapar…selama dijalan meski Cuma dibonceng badanku gak enak semua..semua sendi nyeri2…duh aku udah pesimis duluan..gimana nanti kalo sakit tambah parah…gimana kalo nanti sakit types kambuh…sementara perjalananku masih panjang…ah banyak kekhawatiran dipikiranku…sementara langit masih belum menunjukan akan cerah…

aslinya ngeri cuy...kayak banjir bandang

Lokasi pertama kita menuju air terjun oenesu..sesampainya disini pun Cuma kita saja pengunjung..tiket lum dibuka..mungkin libur natal..bahkan jalanan kupang pun sepi…apotik pun tutup..waduh gimana mau beli obat coba..
Dari kejauhan air terjun suaranya begitu deras..dan setelah sampai dekat dan melihat seperti apa air terjunnya…ternyata…air coklat keruh begitu derasnya seperti banjir bandang..mengingat memang abis hujan deras…yach sempet kecewa sih..tapi gapapa..tetep harus dinikmati…untung kamera dia bagus..bisa main edit foto..banjir bandang pun jadi kelihatan dramatis air terjunnya..haha…
Selanjutnya kami menuju pantai tablolong, sekitar 20 km dari kota kupang. Sesampainya di pantaipun aku kurang begitu semangat. Harusnya kalo langit biru cerah..kalo gak musim hujan..pantai ini sangat keren..tapi kenyataannya..bibir pantai membawa sampah..baik sampah plastic ataupun kayu atau rumput…yaw sudahlah ya..tetep dinikmati..sambil memakan bekal dari warung tadi..sambil menikmati semilir angin yang sangat kencang yang bikin masuk angin.

pantai tablolong

Setelah puas dipantai kami kembali kearah kota kupang. Tujuan selanjutnya adalah goa Kristal. Memasuki kota cuaca panas, langit biru. Aku sempetin sholat dulu, masjidnya tepat di sebelah pelabuhan, viewnya cukup keren deh buat foto2. Gak jauh dari situ terdapat goa Kristal. Sebenernya ada begitu banyak goa dia kupang, mengingat kontur tanah kapur yang begitu banyak. Cuma goa Kristal lebih populer duluan. Waktu terbaik adalah ketika matahari tepat diatas, cahaya matahari masuk melalui celah batuan, dan menyinari air yg ada di dalam goa. Saat itu kami kesorean sampai goa, dan jalan ke dalam sudah gelap, perlu menyalakan senter hp.

goa kristal
Sore itu goa Kristal juga udah sepi. Saking kelamaan aku berendam aku kembung deh, masuk angin, lupa kalo lagi gak enak badan. Abis dari goa Kristal temenku ngajak ke gua lain sih, tapi perutku rasanya gak kuat nahan, makin menggembung sakit kalo dijalan gak rata, akhirnya memutuskan pulang saja daripada tersiksa.

Hari -3
Pagi itu masih disambut hujan deras, sepertinya kasur lebih nikmat daripada jalan2. Baru jam 9 kita jalan keluar. Kita ke wisata mangrove, cukup 6 km lah. Dan pagi itu juga masih lum dibuka, gak ada penjaganya. Jalan masuk ditutup palang kayu. Tapi bisa dibuka sih. Yach gak jelek2 amat sih. Meski aku masih lum berasa menikmati apa itu liburan flores, habisnya hujan turun gak berhenti henti, banyak sampah dipantai dan langit mendung, laut gak biru. Sepertinya wisata mangrove ini masih baru, masih banyak disana sini yang masih dibangun lum selesai, masih dipalang kayu gak bisa masuk.

Setelah keluar ada orang yang jaga datang. Kita bilang aja tadi udah ijin ibuk2 yang ada di rumah deket pintu masuk. Trus kita bayar deh 1 orang 5 ribu. Kita menuju lokasi selanjutnya tetep dibibir pantai yang sama, ada pantai oesapa, bukit nona, lasiana. Klo liat di google sih cantik pantainya. Lagi2 aku salah berkunjung. Sampah menumpuk dibibir pantai, laut warna keruh. Abis itu kita balik, sebelum sampai rumah kita singgah di gong perdamaian dan gedung gubernur yang masih blom selesai proyeknya. Gedung gubernur ini unik, bentuknya menyerupai alat music tradisional kupang, sasando.