RSS

Explore Flores Bag 2 ( Danau Kelimutu)

Pesawat ke ende lagi2 delay 1 jam. Akhirnya sampai di ende jam 16.30. terlalu sore untuk mencari kendaraan umum. Mengingat ini masih Suasana libur natal. Akupun mondar mandir gak jelas didepan bandara ende. Ada 1 tukang ojek yang mengikutiku terus dari tadi. Bilang apa mau dianterin ke terminal nyari bus..tapi bus mgkin lum beroperasi..atau nginep dulu di ende..baru besok diantar ke kelimutu pagi2..atau diantar langsung sekarang ke kelimutu…aku pun bingung..gak ada temen untuk diajak diskusi klo seperti ini, mengingat hari tambah semakin sore. Aku harus sampai di moni, pikirku. Akupun mengiyakan kata bang ojek untuk diantar ke moni motoran seharga 150 ribu, selama dijalan aku sempet menyesali keputusanku. Begitu mahal ongkos yang harus aku bayar. Dan aku harus menggendong ransel 8 kg dipunggung selama 1,5 jam dijalanan ende-moni yang berbukit bukit sangat melelahkan.apalagi sore itu hujan, aku sempet bilang ke abang ojeknya..bang..pakai mantel dulu..karna abangnya cm pake 1 mantel..aku kluarin lah mantel plastik…dan gak dipakein helm..gimana tuh rasanya naek motor pake mantel plastik yg berkibar kibar tanpa helm dijalanan yg berliku2..duh aku Cuma mikir..kamu harus kuat har..harus strong..mengingat badanku lum fit…sempet menahan mules dijalan..

Alhamdulillah penderitaan itu selesai sudah setelah aku sampai di penginapan, Palm Bungalow. Sebelumnya ada dah telpon di ende tadi, mengenai kesediaan kamar kosong. Seharga 150 ribu. Udah sore gak sempet nyari homestay yang murah. Udah kedinginan, mules. Ngobrol2 sama mas yang jaga cottagenya. Pesen makan apa. Aku pesen nasi telur dadar n sayur kangkung aja. Violaa…makanan yang datang seperti jamuan menu untuk 2 orang. Masing2 diletakin dipiring sendiri. Yakin nih habis??…tapi ternyata habis loh, meski dikata badanku gak fit gak doyan makan..haha..kelaperan ternyata…kata masnya beras dan sayurnya hasil ditanam depan rumah loh, beras merah yang ternyata enak, oseng kangkung yang yummy..telur dadar anget yang besar nikmat..mantap deh makanan seharga 20 ribu ini, gak usah susah2 nyari diluar.

Malamnya ternyata aku susah tidur. Ada beberapa sebab, pertama aku tinggal di rumah kecil sendiri paling pojok, dan lokasi penginapan ini gak dipinggir jalan, tapi masuk ke dalam sawah kek hutan gitu, berasa horror aja kalo matiin lampu melihat ke sudut ruangan..hii…factor ke 2…ada beberapa laba2 besar…aku takut ma serangga berkaki 8 ini..mereka berkeliaran ditembok dengan bebasnya…akhhh…
Yang terakhir adalah anjing di depan rumah yang berisik, ada sekitar 2 anjing tidur di depan rumah kayu. Berisik banget deh tingkah mereka…duk duk.duk…naek ke atas meja dan gedor2 pintu…alhasil aku Cuma tidur bentar, paling Cuma 3 jam..jam 3 aku sudah kebangun.

Hari -4
Melihat keluar. Wih..banyak bintang2…cuaca cerah…sama suara desiran air atau angin entah darimana..keras banget seperti suara air terjun…abis ganti baju nungguin mas yang jemput aku jam 4 pagi ke kelimutu liat sunrise. Jam 4 lebih tampak masih sepi, gak ada tanda2 mas ojek. Akupun gedor2 pintu sebelah, bangunin orang tanya kok lum ada ojeknya. Nungguin 20 menit barulah kita berangkat ke kelimutu jam 04.30. berasa udah agak siangan deh.
Jalanan menuju parkiran kelimutu selama 40 menit. Gelap dan dingin, jalanan juga sepi. Bahkan sampai parkirpun sepertinya aku gak ada temen jalan ke atas danau. Duh mana gelap pula naikin tangga harus pake senter. Dengan tiket 7500 per orang.

maaf penuh mukaku..saking antusiasnya..xixi..

Sesampainya diatas gak terlalu rame sih. Kata orang dipenginapan memang ini bukan waktu kunjungan turis bule, normalnya rame juli-oktober. Matahari juga malu2 muncul, ketutup awan. Angin diatas berasa kenceng banget. Aku ketemu sama ricky dan pacarnya. Mereka dari sidoarjo. Yach inilah temen jalan yang nantinya akan menemaniku selama turun ke ende-bajawa-ruteng.
Danau kelimutu ini berada pada ketinggian 1600 mdpl. Terdapat 3 danau yang warnanya bisa berubah2 sepanjang tahun. Tercatat sudah berganti warna sebanyak 44 kali sejak tahun 1940 an. Bagi warga sekitar danau ini bernama tiwu telu, tempat para arwah leluhur mereka. Pas aku kesitu warnanya hijau toska, hijau keputihan dan hijau lumut/gelap. Dilembar uang 5 ribuan lama saat itu kelimutu berwarna merah, putih dan biru. Entah kenapa warna danau ini berubah ubah. Dan memang danau ini merupakan kawah gunung berapi yang masih aktif. Mungkin karna aktivitas dibawah magma yang mempengaruhi warna danau.
Jam 7 aku turun dari danau ke parkiran. Bilang pada abang ojeknya untuk mampir di desa adat koanara. Jalanan turun dari danau ini sungguh indah, kalo tadi pas berangkat kagak keliatan sama sekali karna gelap, sekarng bisa melihat perbukitan hijau dikanan kiri jalan.

Rumah adat koanara sepertinya sudah terhimpit dengan pemukiman modern, lokasinya pun nyempil di ujung dari pasar tradisional. Kulihat banyak ibuk2 mendominasi jualan dipasar sambil bibir mereka merah karna makan pinang. Jalanan di depan pasar otomatis juga macet semrawut.
Rumah adat ini sepertinya Cuma difungsikan sebagai tempat menyimpan barang atau event2 tertentu, sudah tidak ada aktivitas lagi. Yang ada malah kerumunan anjing mengonggong nguber aku. Akupun panic ketika ada 4-5 anjing mendekatiku seakan mau menggigit. Trus ada mbak2 kluar dari rumah suruh anjing itu diam. Duh malu aku diliatin bapak2 dari kejauhan. Emang disana anjing adalah hal biasa jadi piaraan, kadang juga babi.
suasana depan pasar

Jam 8 pagi aku bersiap cek out. Minta disediakan sarapan dulu, ternyata ibuknya lagi ke pasar. Terpaksa Cuma diisi segelas teh hangat doang. Itupun aku masukin botol, mengingat tehnya masih panas. Akhirnya aku diantar ke depan gang jalan, untuk menunggu bus menuju ende atau sekalian bajawa. Sejam nunggu gak ada bus atau mobil travel. klo adapun itu angkot yang penuh orang sampek naek ke atas mobil. Akupun berjalan sambil mencari sarapan. Tiba2 ada bapak2 menghampiriku, bilang apakah mau ke ende pake mobilnya, bayar 50 ribu saja, nanti ada 2 penumpang lain lagi. Akupun mengiyakan, mengingat aku dah putus asa kelaparan dan kepanasan nunggu gak ada bus. Akupun dianter nyari sarapan dulu, sambil nunggu 2 temen lainnya
sarapan...

. Dan ternyata 2 orang itu yang aku temuin dikawah kelimutu tadi, namanya ricky, nama pacarnya lupa. Akhirnya aku akan bareng mereka menuju ende numpang mobil bapak itu yang memang kebetulan juga mau ke ende ada urusan, lumayankan nambah uang bensin 150 ribu untuk 3 penumpang. Aku begitu menikmati perjalanan dari moni ke ende, kemarin boro2 mau nikmatin, sudah mules duluan perut naek ojek kedinginan. Disamping kiri bukit, beberapa ada air terjun. Sesekali kita ngobrol, sama pak sopir dan 2 temen baru. Sesekali bapaknya minta istirahat di pinggir jalan, sepertinya kelelahan, lumayan bisa beristirahat sebentar nglurusin kaki, tepat disamping warung ada sungai yang mengalir cukup menyejukan mata.
istirahat dulu...

Setelah 2 jam akhirnya mobil sampai di ende. Langsung ke terminal untuk nyari bus ke bajawa. Sayangnya bus yang ada di depan gak sempet terkejar, ketinggalan bus deh. Yaw dah kita nunggu di luar terminal, kebetulan lokasinya berhadapan dengan pantai ende.
Beberapa kali ada mobil dan angkot yang berhenti di depan kami, ternyata tujuan terakhir bukan bajawa. Sampai akhirnya setelah 30 menit bus ke bajawa datang, cukuplah mengangkut 3 penumpang. Sesampainya didalam ternyata ada yang mengajak aku ngobrol, klo dia orang bajawa yg kuliah di Surabaya. Dia sepertinya gak ada habisnya ngobrol, padahal mulutku udah kering melayanin dia ngobrol, ditambah persediaaan air di botol tinggal dikit, duh bisa dehidrasi aku, apalagi bus mini ini menurutku terlalu keras nyetel lagunya, bikin pusing, apalagi kalo ngobrol seperti orang ngajak ribut, teriak2. Total perjalanan 5 jam dari ende ke bajawa. Kami dianter ke penginapan virgo. Aku dibilangin sih klo bayar bus 50 ribu aja. Eh temenku 2 orang td disuruh bayar 70 ribu. Aq bilang kan biasanya 50 ribu bang…yaw dah deh daripada ngajak ribut kukasih 70 ribu. Akupun langsung nyebrang ke penginapan. Beruntung masih ada kamar kosong. Yang harga 110 udah abis. Tinggal 150 ribu dengan kamar mandi dalam. Oke lah aku ambil. Masuk kamar trus mandi..dan airnya brrr….duingin euy…kota bajawa ini berada di ketinggian 1100 mdpl..pantes airnya dingin banget. Tanpa ac pun tidur selimutan masih kedinginan. Akupun jalan2 sambil nyari makan, ternyata kota bajawa gak terlalu besar, dan gak ada gedung2 tinggi. Nyari makan padang 15 ribu plus minum es teh. Setelah solat aku bertanya ke cafĂ© depan penginapan, disini menyewakan motor, dan ada kontak mobil travel untuk besok ke ruteng.