RSS

Explore Flores Bag 4 ( P Kanawa, P Gililawa, P Padar, P Komodo)

Hari 7-8-9 Sailing Komodo

Komodo hari 1
Jumat pagi, abis mandi tiduran di kamar, jam 06.00 tiba2 dinding dan plafon bergetar...kukira ada kendaraan berat lewat depan hotel...beberapa detik kemudian semakin keras getaran...tersadar klo itu adalah gempa..panik lah langsung lari...apalagi kamarku di lantai 2...semua orang pada kluar turun...ternyata tadi gempa 6,5 skala richer di pulau sumba.
 jam 09.00 kami berkumpul di dermaga, kita ber 6 + 3 awak kapal akan memulai perjalanan keliling komodo. 6 orang itu kebanyakan berasal dari jawatimur, haha. Langsung deh kita jadi akrab. Tujuan pertama adalah pulau kanawa, perjalanan sekitar 1 jam dari pelabuhan Labuan bajo. Sekilas namanya mirip dengan pulau kenawa di Sumbawa ya. Pulau kanawa sepertinya sudah dikuasai investor asing, kita dilarang mendaki bukit, kecuali mau bayar 100 ribu per orang. Emang disini terdapat penginapan milik bule. Bahkan dulu sempet diprotes warga Labuan bajo, gara2 masuk ke pulau inipun disuruh bayar 50 ribu, karna diprotes warga akhirnya dibuka untuk umum.

pulau kanawa

Lokasi ke 2 sebenernya adalah manta poin, namun setelah ada informasi dari kapal lain kalo lagi gak ada manta, akhirnya gak jadi. Dari kejauhan kita melihat pulau kecil berpasir putih dengan laut ijonya yang keren. Akhirnya kita mampir. Nama pulaunya takamakasar. Bener2 keren ini pulau. Air lautnya sebening Kristal. Memanjakan mata.

pulau takamakasar

Ke lokasi selanjutnya kita menuju pulau gililawa darat. Sekitar jam 3 kita menaiki bukit untuk liat view dari atas bukit. Panas matahari membakar kulit. Keringat bercucuran. Air aqua sebotol hampr habis. Kita ambil rute panjang dengan sedikit tanjakan. Sebenarnya kita akan melihat sunset di pulau kalong, tapi katanya kalong sudah bukan musimnya kali ini. Jadi kita bertahan di pulau gililawa darat sampek nunggu matahari terbenam, meski matahari ketutup mendung sih.

gili lawa darat

Abis magrib perjalanan dilanjutkan menuju homestay di pulau komodo sekitar 1 jam perjalanan. Selama perjalanan aku tiduran mengamati bintang2. Langit begitu cerah. Sesekali aku melihat bintang berekor jatuh/meteor…subhanalloh…sampek dermaga homestay komodo udah gelap. Selama 2 malam ini kita akan menginap disini. Perkampungan komodo ini sekitar berisi 200 kk. Mereka bekerja sebagai nelayan, pemahat kerajinan patung komodo, atau berdagang cenderamata komodo. Beberapa rumah sudah difungsikan untuk homestay. Ketika jalan pas malam, kadang ada rasa kawatir, gimana kalo tiba2 ada komodo nongol didekat kita..huaaa…menurut cerita ada 2 kali kejadian ada warga yang meninggal diserang komodo, pertama seorang anak…dan 1 lagi orang dewasa..pantas saja rumah mereka berupa panggung. Tapi kata warga dikampung ini gak ada komodo, jauh dibelakang bukit sana komodo berada.

Komodo hari 2
Jam 4 pagi terdengar suara azan subuh, tapi baru tersadar aku jam 04.30. mandi sholat trus menuju dermaga untuk melihat sunrise. Balik ke homestay untuk sarapan, jam 7 kita akan berangkat ke pulau padar.
selamat pagi...

pulau padar

Perjalanan sekitar 1,5 jam akhirnya kita sampai di pulau padar, dari dermaga sudah terlihat banyak perahu bersandar, rame banget sepertinya pagi itu. Untuk menuju bukit awalnya dibangun tangga kayu, tapi lama2 Cuma berbatu tanah. Cukup tinggi memang puncak view, tapi worthed lah usaha kita capek2 sampek atas, view yang begitu waow. Kita bisa melihat beberapa sisi pulau dan garis pantai. Cuaca hari itu cukup panas. Cukup lama kami di atas, apalagi kalo tidak karna antri foto2. Hampir 3 jam di padar. Jam 11 kita baru turun, trus lanjut ke loh liang untuk melihat komodo. Perjalanan sekitar 1 jam, kita sampai di gerbang bertuliskan taman nasinal komodo. Ada guide yang akan menemani kita untuk menjaga kita dari hewan buas komodo. Disini juga banyak kita jumpai hewan lain seperti rusa, babi, burung gagak. Dan memang rusa n babi merupakan makanan utama komodo, jadi berkembang alami, tidak ada perburuan. Kita gak jalan jauh sih, Cuma ketemu beberapa komodo, foto2, trus belanja buah tangan. Karna emang kita kelamaan di padar tadi.

Taman Nasional Komodo

Harusnya jam 12 makan siang di homestay, tapi molor sampek jam setengah 3 baru makan. Setelah makan kita menuju pantai namo, pink beach yang ada di komodo. Sayang langit sudah mendung gelap, sempet gerimis juga disitu, tapi pasir pantai ini benar2 dipenuhi butiran kecil2 koral berwarna merah.