RSS

Hari 3, ministry building, india gate, humayun tomb

ministry office

india gate

humayun tomb


Hari 3, ministry building, india gate, humayun tomb
Pagi itu badan udah baikan, meski ke 2 pergelangan tangan, dan dengkul kaki agak sakit gara2 jatuh dari eskalator semalem.  Alhamdulillah bisalah memulai petualangan baru hari itu. Setelah sarapan, kami menuju delhi metro station, menuju kompleks gedung pemerintahan india. Setelah kluar dari metro station, kami mendapati gedung parlemen, gedung kembar kementrian, dan diujung ada presiden house, diujung satunya lagi terlihat india gate. Gedung2 ini bergaya klasik eropa, perpaduan gaya klasik kolom jaman romawi, dan kubah jaman gothic, warna monokrom cokelat.



Setelah puas berfoto2, terjadilah adegan dramatis setelahnya. Ceritanya kami ber 3 mencari bangunan gereja, seperti yang tersebut di map, letaknya sih bersebelahan dengan presiden house, tapi karna dilarang masuk ke jalan utama presiden house, kami harus muter jauh. Tanya sana sini, muter lagi…jalan lagi. Udah bolak balik kami tanya orang tapi tetep gak menemukan tu gereja. Sebenernya dari awal aq dah gak niat ikut mreka nyari greja, akhirnya dongkol deh atiku, bad mood, udah capek jalan sejam, panas, kagak nemu apa yang dicari. Kebiasaan klo bad mood, males ngomong. Aku pun berjalan menuju india gate, menurut gps seh 40 menit dari lokasi terakhir kami berada, jauh dari mana2 emang india gate, antara balik ke stasiun awal tadi juga jauh, satu2 nya cara ya Cuma jalan kaki. Kami harus melewati jalanan panjang, bolak balik nyebrang jalan, aku gak mempedulikan kaki dah pegel, aku tetep jalan, berulang kali si maria n Raquel memanggilku, gak ku gubris, gak tau apa aq lg bad mood, bodo amat. Bahkan sesampainya di delhi gate, aq tetep bad mood, terpaksa perpisahan ini gak berkesan, mreka kembali ke hostel, sementara aq disini duduk sendiri.




Setelah itu aq mencari jalan menuju humayun tomb, bisa sih naik bus. Aq nunggu di halte, udah nanya anak muda disitu naek bus apa, tapi ternyata bus yang ditunggu gak dateng2. Terpaksa deh aq jalan kaki, awalnya tu 2 anak mau menemaniku ke humayun tomb, perlu diketahui jarak dari halte bus itu ke humayun tomb adalah 2,3 km, jalan kaki selama 45 menit, pas lagi jalan santai ngobrol2, dia tanya 2 tentang aq, berasa ndak enak aja, nyusahin orang, ntar klo ujung2 nya minta duit gmn, gak tau apa ni turis kere. Dia tanya kerjaku apa, gajiku berapa. Aku tau niat mreka baik, ketika ada ibuk2 sedang kesusahan angkat barang, dia membantu dorong sampe pinggir jalan, dan menunggui angkot buat itu ibu. Tapi klo lama menunggu dan jalannya lelet gini bisa kesorean sampe lokasi, akupun pamit ke mreka, aku bisa jalan sendiri, cukup jauh memang, tapi Cuma 20 menit jalan sampe, 2x lipat lebih cepat dari yang google estimasi, mgkin karna aq dah terbiasa jalan kayak bule, jalan cepet. Sampai di humayun tomb langsung ke lokasi tiket, Cuma aq saja sore itu turis yang membayar mahal, lainnya turis local.




Humayun tomb adalah makam maharaja Mughal Humayun. Bangunan ini dibangun  atas inisiatif istri pertama Humayun Bega Begum dengan arsitek Persia, Mirak Mirza Ghiyas .
Kompleks ini terdiri dari makam utama Maharaja Humayun, yang juga menyimpan makam Bega Begum, Hamida Begum, dan juga Dara Shikoh, putra Maharaja Shah Jahan, dan juga beberapa Maharaja Mughal lainnya. (sumber : wikipedia)

Setelah dari humayun tomb, aku nyari metro station terdekat, ternyata aq nyasar, gak bisa menemukan tu station. Untung nya ada pemuda pulang dari kantor naek metro juga, akhirnya kita jalan bareng, lumayan jauh, ternayata aq melewatkan 1 station, gapapalah yang penting bisa nemu metro station, toh ada temennnya, daripada tersesat gak nemuin. Seringnya gitu, tanda metro station gak Nampak di pinggir jalan, adanya didalem gang kecil, makanya meski pakai peta gps, tetep akan nyasar.




Sore itu aq mampir ke zostel, sebenernya malem ini aq udah pindah ke hostel lain yang udah ku booking sebelum sampai delhi. Karna aq merasa bersalah atas kejadian hari ini kepada maria n raqual, aku masuk ke zostel, nulis pesan buat mreka. Sambil menunggu malem, zostel ini nyaman banget lobbynya, selain internetnya kenceng, tempat duduknya nyaman berlama2, recommended bgt deh pokoknya ne hostel, murah, strategis, fasilitas ok, aq nginep 3 hari disini, sehari single room, 2 malem dormitory. Sambil duduk2 ada seorang pemuda ngajak ngobrol, dia dari Mumbai, kita ngobrol banyak hal, mulai hoby kita yang sama, jalan2, apapun diobrolin, sampe lupa waktu udah 2 jam ngobrol, hal seperti inilah yang membuat kita seolah tidak sendirian, meski aq solo travel, ada saja temen baru yang ramah menyapa kita, mgkin itu cara Tuhan menemaiku selama perjalanan sendirianku.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment