RSS

Yeach…I got scamp

Malam itu aku tiba jam 11.30 di bandara Indira gandi , new delhi terminal 3. Perkiraan awal tiba jam 9, karna pesawat delay 2 jam, jadinya telat. Rencana awal dari airport naik airport train ke pusat kota delhi. Karna kemaleman, airport train dah tutup. Mau nunggu pagi ataw naik taxi, itu lah pilihan. Karna udah booking penginapan, dan pengen segera tidur, biar besok bisa jalan, akhirnya aku pilih naik taxi. Sebelum nyari prepaid taxi, aq terlebih dulu ke money changer untuk menukarkan uang, aku bawa dollar US dari Indonesia untuk aq tukarkan rupee di india, karena nyari rupee di Indonesia susah n mahal. Pas disebelah counter money changer kulihat prepaid taxi…taxi sir…sapa nya deengan ramah…langsung kuperlihatkan alamat hotel yang kutuju. Dia menyodorkan kalkulator, dia ngetik sejumlah uang yang harus aku bayar. Tertulis disitu 1600 rupee. Tanpa berpikir panjang, kukira itu tarif resmi yang ada di bandara, aku pun membayarnya. Dia mempersilakan aq keluar dan dicarikan taxinya, ternyata sebuah mobil avanza. Setelah menyapaku aku masuk ke dalam, ngobrol basa basi. Yang intinya pembicaraan tu sopir taxi gak tau pasti alamat hostelku. Dan saat itulah aq sadar aku masuk dalam jebakan mereka. Aku baru menyadari jumlah uang yang harus aku bayar amatlah sangat mahal. Maklumlah baru pertama pegang rupee, tanpa mengkoversi ke rupiah dulu. Ternyata aq harus membayar 320 ribu. Akupun cemas kalo tu sopir gak bisa nganterin aq ke alamat hostel yang udah ku booking sebelumnya. Dan benar saja, terjadilah adegan yang selanjutnya udah kuduga, aku pernah baca cerita ini di blog, dan aku sekarang mengalaminya sendiri. Aku tau gimana akhir cerita ini, tapi dibutuhkan keberanian dan keberuntungan untuk keluar dari jebakan betmen ini. Akupun dibawa ke sebuah ruko, yang bertuliskan official goverment tourist. Setelah aq masuk, aku dipersilakan duduk. Tu orang menanyakan apa yang bisa dibantu. Aku bilang aku mau ke zostel, ke penginapanku. Sambil duduk di depan komputer tu orang mengetik sesuatu, googling zostel. Trus dia bilang, kalo jalan menuju zostelku tutup, ada ferstival, jadi aku gak bisa menginap di hostel itu malam ini, dia pun menekan tombol telepon, berbicara pada orang, katanya dia menelpon pihak zostel, bilang zostel tutup, dia pun memberikan teleponnya ke aku. Aku menolak, aku tau itu jebakan. Aku berlagak marah2 trus aku bilang ke sopir taxi untuk antarkan aku ke depan new delhi station saja, biar aq cari hostelku sendiri. Tu orang yang duduk di depan computer tadi sepertinya kecewa gak dapet mangsa malam ini, dia pun mengusirku…goo..go…goo…mangkelin banget kan. Aku pun kluar tu ruangan sambil dongkol, dan masuk mobil. Mobil kami pun berjalan, aku gak tau dimana dia akan menurunkanku, mengingat ini udah jam 1 pagi, aku baru sampai di india untuk pertama kalinya , buta arah dan peta. Sempet muter2 mau menurunkan ku di belakang new delhi railway station, sepi banget, Cuma jalanan kecil, gang buntu, supir tu mengacaukan pikiranku, aku takut terjadi apa2 setelahnya. Trus mobil melaju lagi, muter jalanan besar, aku lihat bertuliskan new delhi rail way station, yach I got it. Aq ingat tempat ini di peta dan gambar google, tak lama setelah itu tu sopir taxi menurunkanku di jalan gupta road, dia bilang u can turn right from here. Dan akupun turun. Perasaan lega udah kluar dari taxi maut. Tapi aku bingung, banyak orang nawarin bajajnya/ricksaw. Dengan pedenya aku menyeberang jalan, menyusuri gang sempit, gelap, sepi, sambil selalu berdoa, muter kanan, trus kanan lagi, yach ini arakhasan road, seperti alamat hostelku. Tinggal cari nomer yang bener, 47. Maklum susah dilihat papan nama, selain lampu udah dimatikan, juga beberapa tanpa nomer, dan bertuliskan huruf india. Akhirnya aku menemukan nama zostel. Alhamdulillah ya Alloh. Aq masuk dan reseptionis menyambutku dengan ramah. Whats happen? Tanya nya. Akupun menceritakan kejadian yang udah kualami. Hemm pokoknya moment itu adalah momen bahagia. Aku diselamatkan oleh Alloh, Alhamdulillah.