RSS

Malacca, Malaysia

Menjelang keberangkatanku ke Malaysia, aku begitu cemas. Berita di televisi mengabarkan kalo bandara juanda ditutup karna sebaran abu gunung raung yang meletus mengarah ke Surabaya, dan membahayakan penerbangan, sehingga juanda ditutup. Malam takbiran pun aq dibuat gak tenang, tidur gak nyenyak. Aq harus punya plan lain seandainya juanda tetep ditutup pas hari H. aku berangkat dari jogja. Klo batal ke Kualalumpur, bisa rugi banyak aku. Karna penerbanganku dari KL semua. Hari pertama lebaran aku bolak balik telpon call center air asia dan bandara juanda. Katanya bandara juanda dibuka jam 06.00. ternyata setelah tersambung ke juanda, bilang kalo juanda ditutup diperpanjang sampe jam 12 siang. Aku pun silaturahmi ke kluarga lebaran blas kagak tenang, pengen rasae segera ke Surabaya, tau sendiri gmn keadaan bandara. Aq baca di internet, ratusan penerbangan dari dan ke Surabaya dibatalkan. Siang itu setelah solat jumat aq kembali telpon juanda. Mengabarkan bahwa juanda sudah dibuka lagi pukul 9 pagi tadi, tapi untuk kedepannya bisa saja juanda ditutup lagi, tergantung arah angin. Rasa lega tapi tetep cemas. Akupun segera pulang, packing, pamit ma ortu berangkat ke sby,. Sampe Surabaya jam 9 malem, langsung naek bus bandara ke terminal 2. Terminal sepi, ada sih penerbangan tp gak banyak, mengingat banyak penerbangan direscedule. Aku mendapati pos pantau gunung raung, dari situ banyak informasi mengenai aktivitas gunung raung yang terus meletus. Kata pusat informasi, harusnya bandara juanda ditutup jam 21.00, tapi gak jadi. Tuh kan gmn bisa tidur tenang malem ni, alhasil cm mondar mandir gak jelas, dan berbaring di tempat duduk, sesekali tertidur. Lama banget nunggu jam 4 pagi.
Jam 3.30 check in dibuka, sampai jam 05.15 pesawat boarding ke Kualalumpur. Alhamdulillah ya Alloh, disambut pemandangan sunrise yang subhanalloh indahnya mengawali hari. Akhirnya aq bisa jalan2. Malaysia-india-brunai. Aim coming…

Jam 09.30 waktu KL akhirnya pesawat mendarat dengan mulus, setelah sarapan langsung nyari bus ke malaka. Lama perjalanan 3 jam, dengan tiket 24 MYR. Sepanjang jalan dari Kualalumpur ke Malacca gak ada yang menarik, cuma pepohonan sawit yang menghampar di kanan kiri bukit. akupun tertidur.

Sampai di terminal sentral malaka, aku sempet bingung, mau naek angkutan apa lagi, aku tanya kondektur gmn cara sampai pusat turis malaka, eh malah disaranin naek taxi. Aku ingat, aku harus naek bus panorama ke bangunan merah, dkt penginapanku. Ternyata bus panorama ada banyak, aq cari no 17. Dan itupun banyak penumpang, sempet gak keangkut, karna berdesakan. Akhirnya next bus. Setelah bisa masuk, dan bayar 1,5 MYR, bus pun melaju. Ternyata disampingku adalah TKI dari tulungagung. Kitapun ngobrol selama dijalan. Senengnya menemukan sodara Indonesia di tanah orang. Akupun turun di bangunan merah. Jalanan penuh manusia, tumplek blek, malum ini hari libur lebaran. Setelah sempat berfoto sebentar, aku nyari penginapan dulu, naruh tas lagian matahari masih sangat panas. Agak kesusahan nyari alamat, dengan bantuan tukang parkir akhirnya aq menemukan casablanka guest house. Mandi, sholat, ganti baju, ngenet dulu, ngabarin kluarga n temen di indo, gak lupa ngabarin pacar..eaa…

venice ala kampung melayu

repilka kapal waktu selat malaca jadi sentra pelabuhan
sekarang dijadikan museum, tapi sayang tutup

bentuknya seperti kincir air

Jam 15.30 mulai jalan, masih panas bgt. Mulai dari chirst Curch, clock tower, muter2 di river side Malacca, bangunan tertata rapi, meski udah jadul.
Sorenya setelah mandi, aku jalan2 ke jongker street, disinilah pusat kuliner makanan, penuh lautan manusia, mau jalan aja susah. Suasana malam di pinggir sungai malaka tambah cantik, dengan hadirnya lampu2.

suasana malam di bangunan merah