RSS

One Day Tour bromo

One day tour bromo
Sabtu sore tiba2 ada pesan dari whatapps seorang temen bernama indy “ har, kamu mau ikut ke bromo malem ini, sepupuku dari jakarta pengen kesana, kita udah ber 4 sama sopir, brangkat malem ini". Wah ikut gak ya, padahal aq baru aja dari rumah sakit haji tes darah karna sakit, klo gak ikut wah sebenere aq juga pengen ke bromo, dulu pernah sih, pas turun dari semeru ke bromo, tapi sayang cuman bentar doang, kurang mengeksplore bromo, itupun waktunya siang. awalnya se aq tolak ajakan itu, gimanapun kan aq lagi sakit butuh istirahat.
Sejam kemudian, ndy....aq ikutttt....haha..akhirnya aq berubah pikiran, padahal malem itu jam 8 lagi ujan deres, aq brangkat ke rumah indy naek motor pake mantel. Dengan persiapan serba cepat, udah terbiasa packing apa aja yang perlu dibawa, 10 menit dah beres, brangkat.....
Habis dari rumah indy kita menuju kantor sepupunya di jalan gubeng, kita akan naek xenia dari sana, tepat jam setengah 10 kita berangkat, total 7 orang, 2 orang temenku angkatan kuliah, indy dan alwi, dan 3 orang temen sepupunya indy, mas bento, mas ivan, mas obet dan mas ramdan
Kebanyakan mreka orang jakarta yang lum pernah ke bromo, dan sopirnya pun pake gps sebagai penunjuk jalan, aq pun meski dah pernah ke bromo kan pake angkot umum, bukan mobil pribadi.
Perjalanan memakan waktu 4 jam, akhirnya kita sampai di basecamp trakir parkir mobil. Kluarin jaket, sarung tangan, syal. Brrr dinginnnya udara malem itu, sampai mengepul asap napas kami, kami nongkrong sambil makan bakso 7 ribuan. Trus ada seorang  bapak2  mendatangi kami, tawar menawar sewa hartop. Setelah terjadi tawar menawar cukup lama, akhirnya kita ber 7 sepakat ikut yang full paket bromo seharga 650 ribu, meliputi sunrise penanjakan, kawah bromo, padang savana bukit teletabis dan pasir berbisik.

Jam 3 pagi kita yang lagi tiduran di mobil dibangunin ama bapak yang sopir hartop, kita akan menuju penanjakan. Jalanan waktu itu sangat gelap berkabut, yang terlihat cuma lampu2 motor dan hartop dari kejauhan, rame banget jalanan menuju penanjakan pagi itu, jalanan menuju pananjakan awalnya berpasir naek turun, seringnya pengendara motor yang gak hafal medan jalan mreka terjatuh di pasir berbatu, setelah melewati padang pasir tibalah tanjakan terjal selama setengah jam kita lewati.
Sesampai di pos penanjakan jam 4 pagi, kita nungguin sun rise jam setengah 6 kata bapaknya. Sambil menunggu sunrise kita duduk duduk berbaris menikmati taburan bintang dilangit, langit sangat cerah sehingga gugusan bima sakti terlihat jelas...subhanalloh indahnya ciptaanmu ya Tuhan...

Sambil menahan terpaaan angin dingin kita cuma duduk duduk sambil menunggu sun rise. Tak lama kemudian semburat merah langit di ufuk timur, menandakan matahari segera terbit. Menit demi menit dilalui sambil menanti sang mentari, ini sunrise terindah yang aku lihat, langit berubah dari gelap menjadi biru terang dengan awan kemerahan, beberapa waktu kemudian terlihat puncak gunung semeru dikejauhan, sementara gunung batok dan bromo betselimutkan awan, bener2 seperti di negri awan. Dan sang suryapun muncul, semwa bersorak gembira, waow..keren abis...cahayanyapun kini menerangi kawasan taman nasional tengger, sekelilingpun mulai terlihat, deretan pegunungan meliuk-liuk bagai ular, dan sang mahameru dengan kokohnya berdiri di kejauhan. Kitapun menikmati berfoto ria hingga pukul setengah 7. Baru kita balik ke hartop dan menuju kawah bromo.

Untuk menuju kawah bromo, hartop hanya diijinkan mengantar kita sampai parkir, karna ada patok patok beton berderet pembatas, menuju kawah bromo cuma bisa dilewati dengan jalan kaki ataw berkuda, temenku cewek, indy menyewa kuda, sekali berangkat 50 ribu, baliknya jalan, kalo PP ya 100 ribu. Kami para cowok2 ya jalan sajalah, sambil menikmati pemandangan menuju kawah, lautan pasir, pura dan gunung batok.

Dari kaki bromo kita harus menaiki ratusan anak tangga sebelum kita melihat kepulan asap kawah.
Puas diatas menikmati pemandangan plus foto2 kjta turun cari sarapan. Kita beli makanan nasi bungkus 10 ribuan. lumayan buat ganjal perut, karna abis ne kita masih ada 2 lokasi lagi yaitu savana dan pasir berbisik.

Savana dan pasir berbisik memakan waktu 1 jam, waktupun udah menunjukan pukul 12 kita selese, dan kitapun kembali ke parkiran mobil, hem...akhirnya selese sudah tour de bromo kali ini. Makasih Tuhan cuaca hari ini cerah banget, meski kita harus berpanas ria buat kulit hitam eksotis, haha...