RSS

Bukit jamur dan bukit kapur, Gresik


Petualangan kali ini awalnya undangan dari seorang temen di gresik untuk maen kesana. Gresik tidaklah terlalu jauh. Cuma 40 menit dari terminal purabaya, Surabaya. Namanya irvan, libur sabtu minggu aku ke gresik ke rumah irvan. Setelah keliling kota gresik di malam dan siang hari, kita berencana ke bukit jamur, bukit kapur dan pantai delegan.
Padi jam 04.30 kita bangun, mandi. Jam 5 berangkat naek motor. Lokasi pertama adalah menuju bukit jamur. Lokasinya sekitar 40 menit naek motor. Bukit jamur ini berada di gunung kapur bungah, kabupaten gresik. Untuk masuk ke bukit jamur ini dari jalan raya sekitar 1 km kita melewati jalanan tanah berbatu kapur, kalo hujan becek, menyulitkan motor berjalan. Jalanan juga naik turun berbatu, kadang aku yang dibonceng turun dari motor. Sebenarnya mau liat sunrise, tapi sayang mendung menutupi matahari. Jam 6 kurang pas kita sampai ternyata udah ada beberapa orang yang datang ke lokasi bukit jamur. Bahkan kami sempat lihat beberapa komunitas motor trail beraksi naik turun bukit.




Bukit jamur ini memang unik, dikelilingi sawah dan bukit kapur. Mengingatkanku pada capadocia di turki. Bentukan batuan ini mirip jamur dengan ukuran besar, menyebar di lahan sekitar 1 hektar. Karna belum terlalu menjadi lokasi wisata, masuk ke bukit ini gratis. Bukit ini membangkitkan fantasiku, seolah kita berada di negeri liliput, karna manusia kecil di antara jamur yang besar.



Lokasi selanjutnya adalah gunung kapur sekapuk. Temenku gresik pun sebenarnya juga belom tau persisnya dimana lokasi bukit kapur ini. Mulailah kita pencarian dengan bantuan mbah google. Searching sana sini. Buka google map juga. Ternyata lokasi bukit kapur sekapuk ada di desa sekapuk kecamatan ujung pangkah, sekitar 13.7 km dari lokasi bukit jamur. 




Mendekati lokasi dari jauh kelihatan bukit kapur dari balik rumah penduduk, namun kita mencari cari darimana pintu masuk menuju kesana. Lokasi bukit kapur ini sebenarnya adalah tempat penambangan kapur. Jadi bukit ini dibentuk oleh tangan para penambang, ukiran kotak kotak putih besar terpahat di dinding, hingga membentuk ruang cekung ke dalam, akupun berfantasi seperti gua Kristal di planet krypton superhero superman di filem2 gitu. Jadi pas kami ber2 kesana gak ada orang laen lagi, kecuali para penambang. Tumpukan balok2 putih besar hasil tambang siap diangkut dijadikan bahan bangunan, karna kebanyakan bahan bangunan disini memakai batu kapur ini.






Setelah puas kamipun melanjutkan perjalanan ke pantai delegan, sekitar 8 km dari lokasi bukit kapur.

Namanya sih pantai pasir putih dalegan. Tapi ternyata ekpektasiku terlalu tinggi, pantai ini berpasir putih gelap, air lautpun juga coklat, penuh lautan manusia, maklum ini hari minggu, tempat yang pas untuk menghabiskan akhir pekan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

5 comments:

Niar Ningrum said...

benar2 keren yaa bukit jamur nya, itu ngak takut runtuh yaa :D

Randhy said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Diana Dwi Yusniah said...

aku tinggal mengunjungi bukit sekapuk..kkk

Mustaqim Ar_Rumi said...
This comment has been removed by the author.
angkisland said...

mantap mas bro.....

Post a Comment