RSS

Journey already begin…

Perjalanan kali ini sebenernya Cuma mengisi waktu libur desember 2014, iseng aja temen pengen ke padang, setelah aq browsing apapun tentang wisata Sumatra barat, kok bagus juga ya. Langsung deh browsing tiket perjalanan. Karna padang berada di Sumatra, mau gak mau harus ke Jakarta dulu. Selain gak ada direct flight Surabaya-padang, juga meminimalisir tranportasi, libur natal-taun baru biasalah, harga tiket gila-gilaan mahalnya, apalagi aku yang suka berburu tiket promo. Ku rencanakan naek kreta Kediri-jakarta dulu, baru flight Jakarta-padang. Langsung deh sore itu tanpa babibu go to stasiun Kediri. Hugh…tiba2 keinginan liburan pupus setelah nanya petugas stasiun kalo tiket untuk ke Jakarta natal sampe taun baru abis semua. Jalan ke parkir rasanya lemes tak berdaya…*sakitnya tuh disini, elus dada…sesampai di rumah, buka laptop, ngenet, iseng buka pt kai booking tiket…eh kok ada tiket kreta brantas tanggal 25, wih..langsung deh..semangat kembali memuncak..tanpa nunggu lama..booking deh tu tiket seharga 55 ribu, ongkos online 10 ribu, jadi 65 ribu..yey…akhirnya bisa traveling lagee…malem itu rasanya susah tidur..harus plan kemana kemana nanti travelingnya, mulai posting thread di bpi.com tentang ajakan trip, sapa tau ada yang mau join, browsing rumah singgah, sapa tau ada yang mau direpotin nginep gratis mulai dari bpi.com, couchsurfing sampai posting difacebook  grup backpacker padang, bahkan twiter pun diberdayakan guna menyukseskan trip ini. Awalnya sih aq masih bingung, plan pertama padang-palembang-belitung. Setelah browsing sana sini, musim penghujan gak baik wisata laut, ok..belitung ku cancel…next trip aja deh pas langit biru biar bagus foto2 di Belitung. Opsi lain ya Cuma padang-palembang.
Persiapan satu setengah bulan sepertinya membuahkan hasil, banyak respon positif dari temen di Sumatra barat. Ok fix, udah dapet temen CS di padang, bukitinggi, payakumbuh, Palembang.
Sebenernya kesibukan  solo traveling itu justru sebelum keberangkatan, maklum selain gak ada temen jalan, gak ada sodara atau temen ditempat baru, nginep dimana, jalan pake apa. Tapi justru itulah seninya backpacker.
Hari H…
Siang itu aku dianter bapak ke stasiun, ijinnya sih Cuma ke Jakarta 8 hari nginep di rumah temen. Maklum klo aku crita sebenernya takut orangtua terlalu cemas, malah akunya yang jalan gak tenang.
Ini baru pertama kalinya naik kereta ekonomi Kediri-jakarta, ternyata diluar dugaanku, kereta ini bagus udah ada ac n colokan listrik, yey…bakal gak boring ni slama perjalanan 12 jam. Dan…kereta jalan…jalan..jalan…lama2 boring juga..tidur gak bisa pula…anak di depanku sungguh berisik bahkan sampe jam 11 malem. Mata kutututpin tetep gak bisa merem. Pas anak itu megang hapeku, munculah keisenganku, aku buka video…dan…tiba2 tu anak berteriak kayak abis liat setan..nangis gak karuan… duh mati aku…nyesel rasanya isengku..gimana nanti klo ortunya marah, aku tadi kasih video kiriman temen yang tiba2 muncul hantu di akhir…tuh anak kagak mau berhenti nangis, orang disekitarku juga heran, nanya ada apa, aku bilang itu gambar aja, padahal atiku dak dig duk gak jelas, tapi ibu tu anak malah ketawa, dan akhirnya tu anak tertidur dipangkuan ibunya..huft…lega
Jam 2 pagi kereta berhenti di stasiun pasar senen Jakarta. Semua penumpang turun. Menunggu pagi akupun mencoba tidur di depan teras stasiun, banyak orang juga pagi itu. Baru aja merem bentar…eh dibangunin petugas satpam…masih jam 4 pagi…mata rasanya berat gak karuan, aku ambil wudu, sholat, mandi, naek ojek ke stasiun gambir/lokasi bus damri bandara.
Sebenernya aku kepagian sampe bandara jam setengah 7 pagi, pesawatku jam 13.00, haha. Lontang lantung gak jelas kesana kemari tiduran di waving gallery soeta airport sampe jam 11.30 baru check in.
Jam 16.00 pesawat mendarat di bandara minangkabau, padang, setelah delay 40 menit. Akupun di jemput andre, temen CS. Karna dia kebetulan juga guide in bule dari jerman, karna hujan pula akhirnya aku diturunin di halte bus, akupun jalan jalan sendiri.

Akupun turun di masjid raya padang. Masjid ini sudah digunakan sejak tahun 2014, namun yang dipakai Cuma basemen, karna keseluruhan masjid ini baru selesai dibangun tahun 2015. Yang unik dari masjid ini, selain bentuknya beda ama masjid kubah lainnya, masjid ini minang banget, dirancang oleh arsitek dari ITB lewat sayembara, pembangunan masjid ini pun udah menelan biaya 500 M. masjid ini didesain bentang lebar, tahan gempa, karna daerah padang sering dilanda gempa bahkan tsunami, nantinya masjid ini dijadikan pusat evakuasi bencana.

Dan ternyata, ray, temenku tempat nginep dipadang, gak bisa dihubungi, dan temenku CS andre Cuma bisa nemenin sampe jam 9 malem, karna dia jaga warnet. Akupun pusing gak karuan, mau nginep dimana malem ini. Ketidakjelasanku sampe jam 11 malem, baru ada temen padang, imron, mau jemput aku.