RSS

monas

museum fatahillah

bunderan HI

Udah 2 bulan sebelumnya beli tiket kereta api, maklum klo liburan akhir tahun harus beli jauh2 hari atau kita gak dapat tiket. Awalnya sih planning ke flores, tapi biaya yang mahal sekitar 5-6 juta itupun minimal,harus 8 hari, skip dulu aja deh, duitnya kepake buat yang laen.
Tanggal 23 desember malam, aku dan seorang temen,mas ridwan berangkat dari stasiun kediri. Berangkat dari kos mas ridwan, kami dianter satu temen kami, namanya cahyo, karna motornya satu, yawdah lah gantian boncengan ke stasiun, kereta berangkat pukul 8 malem. Perjalanan selama 14 jam ke Jakarta menempuh 508 km. Perjalanan malam tidak terlalu melelahkan & lama, kita bisa tidur digerbong ber ac & ada colokan listriknya. Berbekal pengalaman taun kemaren yang gak bisa tidur blas dikereta perjalanan ke jakarta, aq dah siapin 3 filem buat ditonton selama dijalanan dan sebuah buku, eh setelah 1 pilem selesai, aku pun molor bangun jam 4 pagi. Dan gak terasa jam 10 siang baru sampek di stasiun pasar senen jakarta. Kita mandi dulu trus sarapan, abis tu kita naek bus way menuju monas. Siang itu monas lumayan ramai, maklum itu tanggal 24 des libur maulid nabi.

Dari monas kami jalan kaki menuju masjid istiqlal, kebetulan udah memasuki waktu dzuhur, setelah azan berkumandang kami pun sholat berjamaah. Setelah selesai solat kami sempetkan berkeliling masjid untuk foto2 ataw sekedar ngadem, soalnya jakarta hari itu lumayan panas. Masih ada 2 lokasi yang harus kita datengin sebelum jam 5. Karna kita harus meet up ma anak2 jakarta di slipi jaya untuk berangkat ke merak bareng2. Kami menaiki bus way yang hari itu juga lumayan banyak penumpangnya, kami menuju kawasan kota tua jakarta, disini banyak berdiri bangunan jaman kolonial belanda, pusat keramainan ada di taman fatahillah, rame banget siang itu, penuh dengan lautan manusia.
masjid istiqlal

gereja katedral

Setelah berfoto , cari minum, & suvenir, kami balik ke bus way menuju bunderan HI. Dari situ kami brangkat ke slipi jaya. Beberapa udah ada yang menunggu, aq janjian ama salah satu dari mereka, namanya Al. Sambil nunggu yang lainnya kami belanja kebutuhan alat mandi & cemilan selama perjalanan ke Lampung. Jam 18.30 kita naek bus karna yang naek 17 an orang jadinya tempat duduk penuh daripada berdiri 3 jam, mending duduk di kursi garasi, panas sih, tapi lebih baik daripda berdiri, gitu aja aq sampe terkantuk2 tidur. Sejam kemudian mulai banyak kursi kosong, aku pun pindah ke depan. Jam 9 malam bus udah sampae di terminal merak. Kita pun turun menuju pelabuhan merak. Agak jauh sih jalan kaki dari terminal ke pelabuhan. Kita nunggu didepan indomaret nunggu rombongan yang laen, katanya sih rombongan kita ada 80 orang dari berbagai kota. Bahkan ada yang dari bali & lombok. Sambil isi perut, solat & cuci muka trus dlosoran di depan indomaret sampek pukul 12 malem. Kita pun masuk ke pelabuhan, kapal fery baru bersandar tapi antrian penumpang yang mau masuk banyak banget, kebanyakan sih anak2 muda , dari gaya berpakaian & tas yang dibawa mreka mau jalan2 ke Lampung, ada yang explore krakatau, pulau pahawang, kiluan, dll. Karna aq yang masuk rombongan terdepan aq dapat tempat duduk bagus ruangan ber ac, sepertinya ini kapal masih baru, enak banget suasana di kapal, ada beberapa ruangan buat tempat tidur malah, trus ruangan karaoke, mini bar, trus kita jalan2 ke atas dek kapal. Perjalanan ditempuh 3 jam penyeberangan merak ke bakauheni lampung.